Senin, 23 November 2020

Siswa SMP Tangkal Flu Burung Dengan Antiseptik Alami

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Cara sederhana membuat antiseptik alami. Foto: Totok suarasurabaya.net

Menjaga kebersihan adalah satu di antara upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah tertularnya virus flu burung. Mencuci tangan dengan antiseptik disarankan sebelum makan. Siswa SMP Muhammadiyah 5 Surabaya memperkenalkan antiseptik alami yang bisa dimanfaatkan.

Antiseptik alami itu antara lain, campuran gel lidah buaya dan alkohol, air jeruk nipis, air lemon hingga air garam. Terbukti keempat antiseptik alami tersebut selain ampuh membunuh kuman kelebihan lainnya yakni mudah dibuat dan murah.

Siswa wajib mencuci tangan menggunakan antiseptik alami tersebut sebelum mereka menuju kantin sekolah untuk jajan atau makan. Tanpa perkecualian, semua siswa wajib mencuci tangannya.

Meskipun antiseptik kimiawi atau buatan pabrik sudah banyak ditemui dan mudah diperoleh, tetapi antiseptik alami punya kelebihan lain yaitu mudah dibuat di rumah.

Pada kegiatan Kamis (7/4/2016) selain memperkenalkan antiseptik alami, siswa juga diajak untuk mengingat bahwa 7 April diperingati sebagai Hari Kesehatan Dunia, bertepatan dengan lahirnya World Health Organization (WHO).

“Jadi siswa tidak sekadar mengenal antiseptik alami yang dapat mencegah penularan virus flu burung tetapi pada hari ini juga diperingati sebagai hari kesehatan dunia,” kata Syafii Humas SMP Muhammadiyah 5 Surabaya pada suarasurabaya.net.

Diharapkan siswa memiliki kesadaran sendiri untuk menjaga kesehatannya dengan cara mudah dan murah yaitu dengan selalu mencuci tangan setiap akan melakukan pekerjaan atau sesudahnya.

“Jika tidak punya antiseptik kimiawi yang dibeli di toko, siswa dapat membuatnya sendiri dari bahan-bahan alami yang khasiat dan manfaatnya tidak berbeda. Pengetahuan sederhana ini penting,” kata Syafii.(tok/ipg)

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Pohon Tumbang Menutup Jalan Utama Bangkalan Kota

Truk Tabrak Tiang Listrik di Pandaan

Serikat Pekerja Blokir Basuki Rahmat Surabaya

Serikat Pekerja Demo di Surabaya

Surabaya
Senin, 23 November 2020
29o
Kurs