Sabtu, 20 April 2024

Sore Ini, Banyak Pihak akan Memantau Hilal di Pantai Nambangan

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Ilustrasi. Takmir Masjid Al Mabrur, Nambangan, melakukan Rukyatul Hilal 2014 lalu. Foto: Dok suarasurabaya.net

Rukyatul Hilal atau pemantauan hilal (rembulan usia muda pertanda pergantian kalender) untuk menentukan 1 Syawal 1437 Hijriah akan berlangsung Senin (4/7/2016) sore di beberapa lokasi di Jawa Timur. Salah satunya di Pantai Nambangan, Kedung Cowek, Surabaya.

Sumali Ketua Paguyuban Nelayan Nambangan mengatakan, biasanya persiapan pemantauan hilal akan dimulai sejak pukul 16.30 WIB.

“Banyak yang datang, nanti. Ada dari Tim Rukyatul Hilal PWNU (Persatuan Wilayah Nahdlatul Ulama Jatim), dari Depag (Departemen Agama). Kepolisian juga turut mengamankan,” katanya kepada suarasurabaya.net.

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, pemantauan hilal akan dilakukan di lokasi dekat Masjid Al Mabrur, Nambangan.

Sementara itu, Sholeh Hayat Ketua Tim Rukyatul Hilal PWNU Jatim sebelumnya sudah mengatakan ada 11 lokasi pelaksanaan Rukyatul Hilal di Jatim.

Selain di Pantai Nambangan, pemantauan hilal juga dilakukan di Pantai Gapura, Sumenep; Pantai Gebang Bangkalan; Ambet Pamekasan; Bukit Condro Dipo Gresik; Tanjung Kodok Lamongan; Pantai Serang Blitar; Giliketapang Probolinggo; Balaikambang Malang; Pantai Srau Pacitan; Pasirputih Situbondo; serta di Pantai Jember.

Sholeh Hayat mengatakan, di masing-masing lokasi, tim Rukyatul Hilal telah menempatkan minimal tiga ahli ilmu falak atau ahli ilmu astronomi.(den/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
29o
Kurs