Minggu, 28 November 2021

Stok BBM di SPBU Banyak yang Kosong, Ini Jawaban Pertamina

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan

Stok premium dan solar di beberapa SPBU di Jatim dilaporkan kosong seiring dengan turunnya harga BBM per 5 Januari 2016. Pertamina mengaku sudah melakukan berbagai upaya untuk tetap menjaga keamanan stok BBM di SPBU.

Heppy Wulansari Asmen External Relation Pertamina Marketing Operation Region V mengatakan, SPBU yang memiliki stok minimal akan segera dikirim pada Selasa (5/1/2016) pagi ini.

“Kami juga menurunkan tim untuk memastikan mobil tangki yang keluar sudah sesuai jadwalnya,” kata Heppy pada Radio Suara Surabaya.

Kata Heppy, tiga hari sebelum harga BBM ditetapkan turun, Pertamina sudah menginstruksikan agar stok di semua SPBU tersedia. Rata-rata stok di SPBU ada, tapi di beberapa SPBU memang masih menjaga stok di level minimal.

“Ini karena kemampuan modal dan omzet mereka kecil. Mereka bukan menahan stok tapi meminimalisir kerugian,” ujar dia.

Selain itu, Pertamina juga membuat zonasi untuk melakukan pengaturan SPBU di wilayah mana saja yang mendekati arah kritis akan menjadi prioritas.

“Konsumen juga banyak yang menahan pembelian menunggu harga turun sehingga saat ini terjadi peningkatan pembelian di SPBU,” katanya.

Sebelumnya diberitakan, penurunan harga premium dan solar per tanggal (5/1/2015) dini hari, disusul dengan fenomena tutupnya SPBU di beberapa kawasan karena stok habis.

Data yang dihimpun Suara Surabaya, SPBU yang kehabisan stok premium dan solar diantaranya, A Yani, Karangipang, Bambe, Sedati Sidoarjo, Kawasan Cangar, Semolowaru, Kapaskrampung, Joyoboyo, Veteran Gresik, Porong dan beberapa tempat lain. (dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Suasana Unjuk Rasa Melewati Basra

Surabaya
Minggu, 28 November 2021
28o
Kurs