Sabtu, 27 April 2024

Stok Ikan Melimpah, Sayangnya Konsumsi Masyarakat Masih Minim

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Anwar Sobarry (baju batik) saat melihat pasar ikan di Bandar Djakarta Surabaya. Foto: Totok suarasurabaya.net

Ikan dengan kandungan protein tinggi serta zat-zat lainnya penting dan dibutuhkan bagi tubuh manusia. Hal ini perlu terus menerus disosialisasikan kepada masyarakat agar ikan banyak dikonsumsi. Karena ketersediaan ikan di Jawa Timur masih cukup tinggi.

Anwar Sobarry Kasi Bina Mutu Dinas Perikanan dan Kelautan Jawa Timur mengatakan, ketersediaan ikan di Provinsi Jawa Timur, khususnya di sejumlah sentra penghasil ikan, hingga saat ini masih cukup tinggi. “Namun sayangnya konsumsi masyarakat kita masih minim,” kata Anwar.

Untuk itu, sosialisasi perlu terus dilakukan agar konsumsi ikan oleh masyarakat bertambah dan meningkat, seiring dengan ketersediaan ikan yang memang masih cukup tinggi di sepanjang perairan kawasan Jawa Timur.

Gerakan Nasional Gemar Makan Ikan, kata Anwar menjadi langkah awal upaya untuk terus dapat meningkatkan konsumsi Ikan. “Oleh karena itu, gerakan nasional ini harus kembali dipertegas dengan gerakan lainnya agar Ikan menjadi alternatif pilihan masyarakat,” ujar Anwar.

Secara khusus, Anwar menegaskan bahwa kehadiran restoran seafood masih sangat dibutuhkan, sebagai satu diantara upaya untuk meningkatkan konsumsi ikan oleh masyarakat yang saat ini terus menerus terpapar kehadiran aneka sajian fastfood.

“Keberadaan restoran seafood yang secara khusus menghadirkan aneka sajian berbahan dasar ikan, sangat penting dihadirkan. Saat ini sajian fastfood dari barat terus hadir, tetapi ikan masih tetap belum mendapat sentuhan modernitas,” kata Anwar.

Sementara itu, Fifi M Business Development Manager Bandar Djakarta Surabaya menyampaikan bahwa aneka sajian ikan memang masih belum banyak diminati masyarakat. “Tetapi kami terus berupaya agar ikan menjadi pilihan masyarakat juga, dengan menampilkan berbagai menu ikan,” kata Fifi.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
28o
Kurs