Senin, 29 April 2024

Sumpah Anwar Usman Sebagai Hakim Konstitusi Disaksikan Presiden

Laporan oleh Jose Asmanu
Bagikan
Anwar Usman Hakim Konstitusi mendapat ucapan selamat dari Joko Widodo Presiden dan Jusuf Kalla Wakil Presiden di Istana Negara, Kamis (7/4/2016). Foto: Biro Pres

Joko Widodo Presiden menghadiri pengucapan sumpah janji Anwar Usman Hakim Konstitusi di Istana Negara, Kamis (7/4/2016).

Anwar yang merupakan hakim konstitusi dari unsur Mahkamah Agung, telah menuntaskan masa jabatan periode pertamanya pada Rabu 6 April 2016. Mahkamah Agung kemudian memperpanjang jabatan Anwar untuk periode keduanya (2016-2021) sebagai hakim konstitusi.

Dalam acara tersebut tampak hadir Jusuf Kalla Wakil Presiden dan sejumlah menteri anggota Kabinet Kerja.

Upacara pengucapan sumpah tersebut diawali dengan pembacaan Keputusan Presiden Nomor 144/P Tahun 2015 oleh Cecep Sutiawan Deputi Bidang Administrasi Aparatur, Kementerian Sekretariat Negara.

Kemudian, dilanjutkan dengan pengucapan sumpah oleh Hakim Konstitusi di hadapan Presiden Republik Indonesia dan penandatanganan berita Acara Pengucapan Sumpah/Janji Hakim Konstitusi.

Usai pengambilan sumpah, Joko Widodo Presiden memberikan ucapan selamat diikuti oleh tamu undangan lainnya.

Anwar Usman lahir di Bima, 31 Desember 1956 dengan latar belakang pendidikan S-1 jurusan hukum Universitas Islam Jakarta (lulus 1984), S2 program Studi Magister Hukum Sekolah Tinggi Ilmu Hukum “IBLAM” Jakarta (lulus 2001), dan S3 Program Bidang Ilmu Studi Kebijakan, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta (lulus 2010).(jos/bid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
26o
Kurs