Jumat, 19 April 2024

Sungai Meluap, Wilayah Selatan Lumajang Banjir

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Banjir menggenangi pemukiman dan lahan pertanian di wilayah Kecamatan Tempursari akibat sungai meluap setelah diguyur hujan lebat.

Hujan deras yang mengguyur wilayah Lumajang menyebabkan banjir di wilayah selatan Kabupaten tersebut. Beberapa desa di Kecamatan Tempursari terendam banjir akibat luapan sungai Kaligede.

Agus Budianto Sekretaris BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Lumajang mengatakan, debit aliran sungai Kaligede di wilayah Tempursari meluap setelah diguyur hujan sejak kemarin.

“Luapan sungai mulai menggenang sejak dinihari tadi,” katanya kepada Sentral FM, Minggu (13/11/2016). Dalam waktu singkat, air sungai bercampur lumpur menggenangi jalan dan wilayah pemukiman. Banjir juga menggenangi lahan pertanian yang lokasinya lebih rendah dari bantaran sungai.

Beberapa wilayah terlanda banjir di Kecamatan Tempursari, antara lain Desa Purorejo, Dusun Glendangpetung, Watu Udel di kawasan jalan cor setelah Pos Perhutani dan Kaligede sebelum jembatan Dusun Kaliwelang.

Pantauan di lapangan, sampai saat ini, ketinggian air berkisar antara 30 sentimeter sampai 40 sentimeter. Ketinggian air dimungkinkan meningkat bila hujan terus menguyur. Gerimis masih terjadi di beberapa daerah di Lumajang.

“Saat ini kami telah mengerahkan Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD untuk melakukan assesment dan penanganan ke lokasi banjir. Masih dilakukan pendataan berapa rumah dan lahan pertanian yang tergenang,” katanya.(den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
33o
Kurs