Jumat, 17 Mei 2024

Surabaya Bersaing dengan Istanbul untuk Jadi Tuan Rumah Forum Startup Dunia

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Tri Rismaharini Walikota Surabaya saat membuka acara Start Surabaya yang digelar di Suara Surabaya Centre. Foto: Dok. suarasurabaya.net

Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya mempromosikan agar pertemuan tingkat tinggi Startup Nations Summit, sebuah forum pelaku dan pengambil kebijakan startup seluruh dunia, diselenggarakan di Surabaya pada 2018 mendatang.

Hal ini dia sampaikan dalam pertemuan Startup Nations Summit 2016 yang digelar di Cork, Irlandia pada 18 hingga 20 November lalu. Dirinya masih menunggu keputusan dewan panita forum tersebut.

Risma mengatakan, pesaing Surabaya untuk menjadi tuan rumah forum internasional itu adalah Istanbul, Turki, yang telah mengajukan diri lebih dulu.

“Pesaingnya Turki, Istanbul. Memang sudah mengajukan diri lebih dulu. Tapi nanti mereka (dewan penyelenggara) akan menilai proposal yang nanti kita buat. Nanti dikompetisikan,” ujarnya, Kamis (23/11/2016).

Menurut Risma, dari lima dewan (board) panitia Startup Nation Summit, sudah ada empat dewan yang setuju forum itu diselenggarakan di Surabaya.

“Tinggal satu aja yang belum setuju, pertimbangannya mungkin karena Istanbul mengajukan lebih dulu,” katanya.

Tri Rismaharini dalam forum tersebut sempat menjadi panelis dalam diskusi panel bertema Lessons from City Policy Experimentation.

“Kemarin di sana saya satu panel dnegan Menteri UMKM Thailand. Saya sempat diwawancarai juga sama televisi Thailand,” ujarnya lalu tertawa.

Dalam panel tersebut, Risma mempromosikan pemberdayaan ibu-ibu pahlawan ekonomi untuk mendorong pertumbuhan startup di Surabaya.

Dalam forum yang sama Wali Kota Perempuan Pertama di Surabaya itu juga berhasil meraih peringkat kedua penghargaan bagi pemangku kebijakan lokal (Local Policy Leadership) Startup Nations Summit 2016.(den/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 17 Mei 2024
32o
Kurs