Kamis, 25 April 2024

Surabaya North Quay Jadi PR Terbaik Nasional versi Serikat Perusahaan Pers

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Surabaya North Quay (SNQ) memanfaatkan terminal penumpang Gapura Surya Nusantara di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dikemas dengan daya tarik wisata bahari, kuliner tradisional, kesenian tradisional, live music, dll. Foto: Dok. suarasurabaya.net

Program Surabaya North Quay (SNQ) yang merupakan bagian dari Public Relations (PR) PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III dinobatkan sebagai pemenang pertama di ajang kompetisi Program PR Inspirational, Indonesia Public Relations Awards and Summit (IPRAS) 2016 yang dihelat oleh Serikat Perusahaan Pers (SPS).

SNQ mampu menyisihkan 26 program PR dari 20 institusi yang turut serta dalam kompetisi tahunan tersebut. Bahkan untuk kategori Program PR BUMN, PT Pelindo III berhasil mengungguli Petrokimia Gresik yang ada di posisi kedua dan Pertamina di posisi ketiga.

Penyerahan penghargaan sendiri dilakukan langsung oleh Saut Situmorang Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kepada Toto Heli Yanto, Direktur SDM dan Umum PT Pelindo III di Hotel Aston Semarang, pada Rabu (31/8/2016) malam. Saut sendiri didapuk sebagai tamu kehormatan SPS pada kompetisi kehumasan yang tahun ini telah memasuki tahun kelima.

Sementara itu Ahmad Djauhar, Ketua Harian SPS Pusat mengatakan kompetisi PR Inspirational merupakan ajang yang ditujukan untuk mengukur tingkat kreatifitas suatu institusi dalam mengemas promosi kegiatan dan informasi di lingkungan kerjanya. PR yang baik dan dikemas dengan cara kreatif akan mampu menyita perhatian masyarakat yang menjadi target dari promosi program yang dijalankan dan informasi yang ada di dalamnya.

“Saat ini banyak institusi dan korporasi yang sudah sadar pentingnya PR dalam sebuah organisasi. Selain itu hubungan yang baik dengan media juga perlu untuk dibangun. Tentunya media massa yang kredibel bukan yang abal-abal,” katanya.

Toto Heli Yanto, Direktur SDM dan Umum PT Pelindo III menyambut baik atas penghargaan ini. Menurutnya, penghargaan tersebut merupakan salah satu bukti bahwa PT Pelindo III memiliki sumber daya manusia yang kreatif dan dapat diandalkan untuk menyampaikan informasi dan mempromosikan program-program perusahaan kepada masyarakat.

“Banyak hal yang harus kami sampaikan kepada masyarakat. Terlebih Pelindo III saat ini menjadi bagian yang tak terpisahkan dari program tol laut yang dijalankan oleh pemerintah. Ini tugas besar bagi tim PR kami untuk mengemas dengan baik agar mudah diterima oleh masyarakat,” ujarnya.

Maria Wongsonagoro, Ketua Dewan Juri Program PR Inspirational menyebut jika program SNQ yang diajukan oleh Pelindo III memiliki kekuatan dalam menarik perhatian masyarakat. Pelindo III juga mampu menyelaraskan konsep yang diusung dalam SNQ dengan bisnis inti perusahaan. Sehingga tujuan PT Pelindo III untuk mengenalkan pelabuhan dan perusahaan kepada masyarakat dapat tercapai dengan baik.

“Pelindo III mampu menarik perhatian masyarakat tanpa paksaan. Mereka datang ke SNQ dengan sendirinya. Selain perencanaan yang matang, pola komunikasi yang digunakan juga bagus,” terangnya.

Adapun dewan juri yang dipercaya oleh SPS untuk melakukan penilaian adalah Maria Wongsonagoro (President IPM Public Relations), Silih Agung Wasesa (Wakil Ketua Umum APPRI), Jannette Pinarya (London Scholl of Public Relations), Bambang Halintar (Wakil Pemimpin Umum Majalah SWA), dan Ariani Djalal (Tenaga Ahli Madya Kantor Staf Presiden).

Beberapa tokoh nasional turut hadir dalam acara penghargaan IPRAS 2016. Mereka adalah Arief Yahya, Menteri Pariwisata; Saut Situmorang, Wakil Ketua KPK; Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah; lantas Abdullah Awar Anas, Bupati Banyuwangi; Yosep Adi Prasetyo, Ketua Dewan Pers Indonesia; serta Yos Johan Utama Rektor Universitas Diponegoro.

Sekadar diketahui, Surabaya North Quay (SNQ) merupakan program PR PT Pelindo III untuk menarik minat masyarakat Surabaya dan sekitarnya dengan memanfaatkan terminal penumpang Gapura Surya Nusantara di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. SNQ dikemas dengan menghadirkan daya tarik wisata bahari, kuliner tradisional, kesenian tradisional, live music, dan beragam kegiatan lainnya. SNQ dapat dijadikan alternatif lokasi untuk menikmati keindahan Kota Surabaya. (fik/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs