Rabu, 1 Mei 2024

Syahbandar Antisipasi Panumpang Tanpa Karcis Saat Lebaran

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Hari Setyobudi Kepal Syahbandar Perak (tengah) usai memimpin Apel Gelar Pasukan Satgas Pengamanan Angkutan Laut Lebaran di Terminal Jamrud Utara, Jumat (17/6/2016) pagi. Foto: Abidin suarasurabaya.net

Hari Setyobudi Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak Surabaya akan mengupayakan meminimalisir adanya penumpang tanpa karcis dalam mudik lebaran nanti.

“Dari dulu penumpang tak berkarcis tidak ada. Kondisinya itu, ada penumpang tanpa karcis terlanjur naik, kami tidak bisa turunkan,” ujarnya usai memimpin Apel Gelar Pasukan Satgas Pengamanan Angkutan Laut Lebaran di Terminal Jamrud Utara, Jumat (17/6/2016).

Hari mengatakan, kejadian seperti ini menurutnya tidak hanya terjadi di Pelabuhan Tanjung Perak, tapi di umum terjadi di seluruh Indonesia. “Termasuk di Indonesia timur,” katanya.

Untuk mengantisipasi peluang penumpang tanpa karcis, seluruh perusahaan pelayaran akan ditertibkan oleh Kemenhub. Mulai 2017 semua perusahaan pelayaran sudah menggunakan sistem online dalam pelayanan tiket.

“Semua perusahaan pelayaran sudah online untuk ticketing. Ini untuk mengantisipasi yang tidak berkarcis tadi. Syahbandar tidak bisa sendiri, kita juga butuh kerjasama otoritas pelabuhan dan pihak keamanan yang lain untuk menertibkan ini,” katanya.

Hari mengatakan, untuk angkutan lebaran ini, Kemenhub telah memberi dispensasi tambahan penumpang sekitar 30 persen untuk masing-masing kapal.

“Prinsipnya keselamatan penumpang nomer satu. Infrastruktur disiapkan bagus, kapal dicek jauh sebelumnya, tangung jawab nakhoda juga sudah dicek,” katanya.(bid/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 1 Mei 2024
32o
Kurs