Selasa, 30 April 2024

TNI Gadungan Tipu Pacarnya Hingga Rp150 Juta

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Reynald (38) warga Papua Barat yang tega menipu pacar dengan menyaru sebagai TNI mencapai Rp150 juta. Foto: Abidin suarasurabaya.net

Reynald (38) warga Papua Barat ditangkap Unit Resmob Polrestabes Surabaya karena telah memperdayai seorang wanita bernama SJ (34), PNS asal Raja Ampat Papua yang menginap di sebuah homestay Jalan Kutai Surabaya.

Mengaku sebagai anggota TNI Angkatan Laut berpangkat Letnan Dua, Reynald berhasil menguras harta korban hingga Rp150 juta. Uang itu dia ambil secara berkala melalui ATM korban dengan penarikan antara Rp10 sampai Rp20 juta.

AKB Shinto Silitonga Kasatreskrim Polrestabes Surabaya mengatakan, korban mengenal tersangka sudah cukup lama. Dari hasil penyidikan, tersangka berjanji menikahi korban.

Tersangka mengatakan kepada korban, uang Rp150 juta itu rencananya akan dia gunakan untuk membelikan korban sebuah mobil. Tapi setelah uang itu diberikan ke tersangka, ternyata malah dibawa pergi.

“Kedatangan korban ke Surabaya untuk menemui tersangka. Mereka sudah berhubungan lama,” katanya, Rabu (28/12/2016).

Korban merupakan seorang janda beranak 1 yang sedang mencari pendamping. Korban mengenal tersangka dari media sosial. Tersangka mengaku seorang lelaki yang bekerja sebagai TNI AL berpangkat Letda.

“Korban percaya begitu saja karena tersangka sering mengirimkan foto-foto mengenakan seragam perwira TNI,” kata Shinto.

Sementara, Reynald mengaku nekat menyaru sebagai anggota TNI AL gadungan karena sering bergaul dengan teman anggota TNI. Kemudian muncul ide jahat untuk memanfaatkan kebiasaan itu untuk menipu korban.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, Reynald akan dijerat dengan pasal 378 KUHP tentang penipuan dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara.(bid/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
27o
Kurs