Senin, 6 Mei 2024

Tahun Depan, Pendapatan Daerah Jatim Rp23 Triliun

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Rapat paripurna DPRD Jawa Timur membahas APBD 2017, Senin (24/10/2016). Foto : Taufik suarasurabaya.net

Saifullah Yusuf (Gus Ipul), Wakil Gubernur Jawa Timur memproyeksikan pendapatan daerah pada Rancangan APBD 2017 akan mencapai Rp23,520 triliun.

Hal ini disampaikannya saat memberikan jawaban eksekutif atas pemandangan umum fraksi terhadap Raperda tentang APBD Jawa Timur tahun anggaran 2017 pada Rapat Paripurna Lanjutan Masa Persidangan III tahun 2016 di Gedung DPRD Jalan Indrapura Surabaya, Senin (24/10/2016).

Gus Ipul merinci, proyeksi pendapatan daerah sebesar Rp23 triliun terdiri dari pendapatan asli daerah (PAD) sebesar Rp14,844 triliun, dan Dana Perimbangan sebesar Rp8,675 triliun.

“Sampai saat ini, pendapatan daerah memang masih bertumpu pada PAD dari sektor pajak yang kami proyeksikan mencapai Rp12 triliun atau berkontribusi sebesar 51.57 persen dari proyeksi pendapatan daerah,” kata Gus Ipul.

Penerimaan pendapatan asli daerah didominasi pajak daerah dengan objek pendapatan pajak kendaraan bermotor, bea balik nama kendaraan bermotor dan pajak bahan bakar kendaraan bermotor, pajak air permukaan dan pajak rokok.

Untuk belanja daerah diproyeksikan sebesar Rp23,827 triliun yang akan fokus untuk mendukung pencapaian target pembangunan nasional yang dirumuskan dalam sembilan prioritas pembangunan.

Diantaranya dengan peningkatan mutu pelayanan dasar pendidikan dan kesehatan diantaranya melalui program Bosda Madin, Bos SLTA, bantuan sarana penunjang SMK, pembiayaan kesehatan masyarakat miskin, pengembangan taman Posyandu dan ponkesdes serta program bebas pasung.

Sementara itu, RAPBD 2017 sendiri rencannya akan segera diputuskan pada 10 November 2016 mendatang. Saat ini, DPRD juga terus melakukan proses pembahasan. (fik/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
32o
Kurs