Minggu, 19 Mei 2024

Tahun Ini Ribuan Warga akan Berangkat Transmigrasi

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Sukardo, Kepala Disnakertransduk Jawa Timur ketika membuka rakor perpindahan penduduk. Foto : Taufik suarasurabaya.net

Transmigrasi masih dijadikan salah satu upaya pemerataan pembangunan. Untuk tahun ini saja, total ada 6.079 keluarga yang dijadwalkan akan diberangkatkan untuk transmigrasi ke beberapa lokasi di luar Jawa.

“Tahun ini sebenarnya ada 6.079 keluarga, tapi ada pemotongan anggaran sehingga yang akan diberangkatkan kami kurangi 335 keluarga,” kata Ratna Dewi Andriyanti, Dirjen Penyiapan Kawasan dan Pembangunan Transmigrasi (PKP2Trans) Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT), usai membuka rapat koordinasi perpindahan penduduk yang digelar Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Kependudukan Jawa Timur, Rabu (14/9/2016).

Menurut Ratna, dari jumlah ini penempatan terbesar berasal dari Jawa Timur. Kemendesa PDTT juga telah minta seluruh kabupaten/kota bisa melakukan seleksi ketat terhadap seluruh calon transmigran.

“Jangan sampai di sana mereka tidak kerasan dan pulang lagi. Jadi harus benar-benar yang berniat berangkat dan memiliki kemampuan mencukupi untuk memulai lahan pertanian,” ujarnya.

Untuk tahun ini, Kemendesa PDTT mendapatkan anggaran untuk pembangunan kawasan transmigrasi sebesar Rp710 miliar yang lantas dipotong kementerian keuangan sebesar Rp64 miliar. Dana inilah yang nantinya akan digunakan untuk membangun kawasan transmigrasi mulai membangun rumah serta fasilitas lain bagi transmigran.

Sementara itu, Sukardo Kepala Disnakertransduk Jawa Timur mengatakan, kuota transmigrasi dari Jawa Timur tahun ini sebanyak 550 keluarga yang akan disebar di 31 unit pemukiman transmigrasi yang tersebar di 28 kabupaten dan 9 provinsi.

“Transmigrasi di Jawa Timur ada yang dibiayai pusat tapi ada juga yang dibiayai APBD provinsi,” kata Sukardo.

Sukardo mengatakan, minat untuk berangkat transmigrasi dari warga Jawa Timur untuk tahun ini mencapai dua ribu orang dan kini masih dalam proses pendataan dan pelatihan.

“Kami ingin mereka benar-benar siap dan memang bisa membuka lahan dengan baik sehingga keberadaan transmigran ini bisa menjadi contoh bagi warga setempat nanti,” ujarnya.

Selama ini, para transmigran diberangkatkan ke luar Jawa memang tak hanya alasan ekonomi dari para transmigran tersebut, melainkan bagaimana transmigran bisa juga membawa manfaat bagi masyarakat sekitar di lokasi yang baru. (fik/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Minggu, 19 Mei 2024
32o
Kurs