Jumat, 19 April 2024

Tanpa Smartphone, Produktivitas Pekerja Kantoran Meningkat

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Ilustrasi

Penelitian Universitas Würzburg dan Nottingham Trent berdasarkan permintaan Kaspersky Lab, menunjukkan, produktivitas pekerja kantoran meningkat 26 persen saat telepon pintar mereka tidak ditempatkan di meja kerja.

Peneliti meminta partisipan untuk menguji konsentrasi di empat situasi yang berbeda, yaitu dengan smartphone di dalam saku, di atas meja, terkunci di laci dan dipindahkan dari ruangan kerja.

Hasilnya, konsentrasi terendah terjadi pada saat smartphone berada di atas meja, namun dengan bertambahnya jarak antara partisipan dengan ponsel pintar, kinerja mereka meningkat.

Keterangan tertulis Kaspersky Lab, Kamis (8/9/2016) menyebutkan bahwa penelitian dilakukan dengan menguji perilaku 95 orang berusia 19 hingga 56 tahun di laboratorium Universitas Würzburg dan Nottingham-Trent.

“Dengan kata lain, kehadiran dan ketidakhadiran smartphone dapat merusak konsentrasi,” kata Jens Binder dari Universitas Nottingham Trent seperti dilansir Antara.

Hasil eksperimen berkorelasi dengan survei sebelumnya bertajuk “Digital Amnesia at Work”. Dalam survei ini, Kaspersky Lab mendemonstrasikan bahwa perangkat digital dapat menghasilkan dampak negatif terhadap tingkat konsentrasi. (ant/dwi/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
26o
Kurs