Sabtu, 20 April 2024

Tekan Biaya Distribusi Logistik, ASDP Sediakan Kapal Surabaya-Lombok

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan

PT ASDP Indonesia Ferry meluncurkan kapal penumpang jenis roll on – roll off (roro) rute Surabaya (Jawa Timur) – Lombok (NTB), sebagai bagian dari upaya mendukung pemerintah dalam menekan biaya distribusi logistik.

Faik Fahmi Pelaksana Tugas (Plt) Dirut PT ASDP Indonesia Ferry disela pemberangkatan perdana KMP Legundi di Dermaga Jamrud Utara, Pelabuhan Tanjung Perak, mengatakan bahwa kapal yang diluncurkan merupakan armada pendukung tol laut.

“Pemerintah mengutamakan tiga program dalam pelayaran, yaitu menekan biaya logistik, mendorong sinergigas dan meningkatkan pariwisata. KMP Legundi rute Surabaya – Lombok ini kita luncurkan untuk mendukung dan mewujudkan tiga program utama pemerintah itu,” ujarnya seperti dilansir Antara .

KMP Legundi berukuran 5000 GT yang mampu mengangkut 142 kendaraan roda empat.

“Kapal ini kan terdiri main deck, upper deck, dan lower deck. Di main deck bisa mengangkut 40 kendaraan jenis truk berukuran besar, sedangkan lainnya untuk kendaraan yang lebih kecil,” katanya.

Ia meyakini KMP Legundi dapat memenuhi tuntutan pemerintah, khususnya dalam upaya menekan biaya logistik bagi pelaku usaha angkutan. Dicontohkan, selama ini untuk rute Surabaya – Lombok harus ditempuh melalui jalur darat yang membutuhkan waktu selama 48 jam.

“Kini dengan KMP Legundi, Surabaya – Lombok hanya ditempuh selama 21 jam. Jadi waktunya lebih singkat. Selain itu, dari sisi pemeliharaan kendaraan juga lebih murah. Sebab truk dan sopirnya dalam posisi istirahat di atas kapal. Dengan begitu, dari sisi pemeliharaan maupun pengoperasian juga bisa menimbulkan penghematan bagi pelaku usaha,” ujarnya.

Tidak hanya itu, peluncuran KMP Legundi juga menghemat biaya perawatan jalan di sepanjang rute darat Surabaya – Lombok, yang selama ini dilewati truk-truk pelaku usaha.

Diakui bahwa ada keluhan dari Pemerintah Provinsi Bali karena truk-truk pelaku usaha dari Surabaya menuju Lombok itu selama ini juga menambah beban biaya perawatan jalan.

“Terdata ada 1.500 truk dari Surabaya menuju Bali. Dari jumlah itu, yang nyebrang ke Lombok ada sekitar 150-an truk. Kini beban biaya perawatan jalan bisa terkurangi dengan adanya KMP Legundi,” katanya.

Sementara ini PT ASDP Indonesia Ferry mengoperasikan KMP Legundi rute Surabaya – Lombok dengan frekuensi pelayanan dua kali trip dalam sepekan. (ant/dwi/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
29o
Kurs