Kamis, 2 Mei 2024

Terbuka Peluang Belajar ke Inggris Bagi Mahasiswa Jatim

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Pameran Pendidikan Inggris 2016 berikan kesempatan mahasiswa Jawa Timur belajar ke Inggris. Foto: Totok suarausrabaya.net

Teresa Birks Direktur Pendidikan dan Kemasyarakatan British Council mengatakan mahasiswa dari Jawa Timur punya peluang terbuka lebar untuk dapat melanjutkan studi menempuh berbagai disiplin ilmu di berbagai kampus di Inggris.

“Berdasarkan catatan kami, sampai dengan akhir tahun 2015 lalu, tercatat sekurangnya 3.000 orang mahasiswa menempuh pendidikan di berbagai kampus dan di berbagai jurusan yang ada di Inggris. Jumlah ini cukup besar,” kata Teresa.

Secara khusus, lanjut Teresa Jawa Timur juga telah menjalin kerjasama dengan Pemerintah Inggris di bidang pendidikan, sebagai upaya memajukan dunia pendidikan secara umum.

Teresa mencontohkan bahwa pihaknya telah menjalin kerjasama dengan ITS Surabaya untuk melakukan penelitian-penelitian di bidang kelautan.

“Hingga tahun ini kami masih menjalin kerjasama dengan ITS Surabaya khususnya untuk bidang kelautan. Ini juga bisa jadi kesempatan bagi mahasiswa Jawa Timur menempuh pendidikan lebih tinggi di Inggris,” kata Teresa.

Melalui bidang studi tertentu, Pemerintah Inggris juga mempersiapkan beasiswa yang memberikan keleluasaan bagi mahasiswa asal Jawa Timur untuk menempuh jenjang pendidikan sesuai dengan yang diinginkan.

“Tentunya memang ada sejumlah persyaratan. Tetapi kami memang sejak awal menyediakan bea siswa guna memberikan kemudahan mahasiswa Jawa Timur dan Indonesia belajar di Inggris. Ini sudah kami lakukan sejak lama,” ujar Teresa Birks saat ditemui suarasurabaya.net.

Bertempat di ballroom Sheraton Hotel Surabaya, Selasa (15/3/2016) digelar Pameran Pendidikan Inggris 2016. Menghadirkan sekurangnya 64 kampus dan perguruan tinggi di Inggris yang menyediakan berbagai program studi, serta didukung sepenuhnya oleh pemerintah Inggris melalui British Council.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
26o
Kurs