Kamis, 23 Mei 2024

Tiap Tahun, Narkoba Renggut 15 Ribu Generasi Muda Indonesia

Laporan oleh Jose Asmanu
Bagikan
Presiden saat menyaksikan pemusnahan barang bukti berbagai jenis narkoba di Lapangan Monas, Jakarta, Selasa (6/12/2016).Foto: Jose suarasurabaya.net

Joko Widodo Presiden mempertegas komitmennya perang terhadap penyalahgunaan narkoba.

Penegasan presiden itu disampaikan saat menyaksikan pemusnahan barang bukti berbagai jenis narkoba di Lapangan Monas, Jakarta, Selasa (6/12/2016).

“Kalau melihat barang seperti ini, kita harus sekali lagi menyatakan perang besar terhadap narkoba,” kata Presiden.

Berdasarkan laporan Budi Waseso Kepala Badan Narkotika Nasional dalam acara tersebut akan dimusnahkan sebanyak 445 kilogram sabu, 190.840 butir ekstasi, 422 kilogram ganja kering dan 323 ribu butir erimin five. Semua itu merupakan barang bukti narkoba hasil penindakan kejahatan narkoba sejak dua bulan terakhir yang didapatkan dari 29 tersangka.

“Ini jumlah yang sangat besar sekali,” ujar Presiden menanggapi laporan tersebut.

Presiden mengingatkan betapa banyak korban yang telah berjatuhan dari para generasi muda akibat narkoba.

“Sekali lagi saya sampaikan, 15 ribu generasi muda kita mati setiap tahun karena narkoba. Berapa pengedar dan bandar yang mati setiap tahunnya? Ini pertanyaan untuk Kepala BNN. Tolong diberikan garis bawah,” pesan Presiden.

Pemusnahan barang bukti kejahatan narkoba diawali oleh Presiden kemudian Menko Polhukam, Kapolri dan Jaksa Agung Muda Pidana Umum.

Hadir dalam acara pemusnahan barang bukti narkotika tersebut diantaranya Wiranto Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Pratikno Menteri Sekretaris Negara, Pramono Anung Sekretaris Kabinet, Budi Waseso Kepala Badan Narkotika Nasional dan Sumarsono Plt. Gubernur DKI Jakarta.

Menanggapi pernyataan soal jumlah korban yang mati akibat penyalahgunaan narkoba, Budi Waseso Kepala BNN telah berupaya memutus matai rantai dan mempersempit ruang gerak peredaran narkoba melibatkan seluruh potensi masyarakat. (jos/dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Kamis, 23 Mei 2024
30o
Kurs