Kamis, 9 Mei 2024

Tiga Bom Teroris Surabaya Diledakkan Gegana

Laporan oleh Bruriy Susanto
Bagikan
Tim Gegana saat meledakkan tiga bom rakitan hasil sitaan Densus 88 di beberapa titik di Surabaya. Foto: Bruriy suarasurabaya.net

Tim Gegana Polda Jatim meledakkan barang bukti rangkaian bom yang diamankan oleh Detasemen Khusus (Densus) 88 Mabes Polri, Rabu (8/6/2016) kemarin.

Ada tiga buah bom yang diledakkan di area tanah kosong milik Polrestabes di Jl. Osowilangon No.1. Bom pertama yang diledakkan merupakan jenis rakitan dengan model menggunakan handphone untuk mengaktifkan.

Bom kedua yang diledakan adalah jenis pipa. Sedangkan yang ketiga merupakan bom yang memiliki daya ledaknya cukup besar. Sebab, bomnya itu model aktifkan untuk meledakan dengan cahaya atau terkena sinar.

“Bom yang ketiga ini beratnya sekitar 6 kilogram, daya ledaknya cukup besar, dan radiusnya cukup jauh. Untuk mengaktifkan atau meledakannya dengan sinar matahari,” kata Kombes. Pol Iman Sumanti Kapolrestabes Surabaya, di lokasi, Kamis (9/6/2016).

Menurut dia, dari hasil operasi yang dilakukan tim Densus 88, kemarin telah mengamankan 23 rangkaian bom. Namun, untuk yang tiga dan sudah diledakan merupakan bom rakitan yang siap untuk diledakan.

Sedangkan sisanya, yakni 20 rangkaian masih belum jadi. “Tiga bom yang diledakan oleh tim gegana itulah yang siap untuk digunakan pesta (meledakkan beberapa titik di Kota Surabaya, red),” ujar dia.

Saat disinggung mengenai sasaran untuk pesta, Iman enggan menjelaskan secara detail. “Yang jelas tiga bom yang diledakan itu siap untuk digunakan dan diledakan,” tegas dia.

Sekadar diketahui, semua rangkaian bom dan bahan peledak yang diamankan oleh Densus 88, merupakan dari beberapa titik lokasi, yakni Jalan Lebak Timur 3D No 18, Lebak Jaya 3 No 88, Jalan Kalianak 55.(bry/bid)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 9 Mei 2024
26o
Kurs