Sabtu, 18 Mei 2024

Tito Karnavian Sempat Menolak Dicalonkan sebagai Kapolri

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Komjen Pol Tito Karnavian saat DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (16/6/2016). Foto: Faiz suarasurabaya.net

Joko Widodo Presiden telah menunjuk Komjen Pol Tito Karnavian sebagai calon tunggal Kapolri. Meski sebelumnya Tito sempat menolak dicalonkan sebagai Kapolri.

Tito mengaku, penolakan itu disampaikan kepada Jenderal Polisi Badrodin Haiti Kapolri dan Luhut Binsar Pandjaitan Menko Polhukam, karena alasan kesenioritasan.

“Saya waktu itu menjawab kalau masih 6 sampai 7 tahun baru pensiun, sehingga saya harus tahu diri, dan saya menyarankan lebih baik yang senior dulu,” ujar Tito di gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (16/6/2016).

Tetapi kata Tito, beberapa hari lalu telah diberitahu kalau sebagai prajurit tidak boleh membantah, sehingga tugas harus dilaksanakan.

Dengan penunjukan tersebut, akhirnya dia langsung menemui para senior di Polri, dan para senior juga memberi tanggapan yang baik.

“Karena ini sebagai perintah, akhirnya saya langsung menemui senior-senior saya di Polri. Tanggapan para senior juga baik,” kata dia.

Sekadar diketahui, proses Tito Karnavian sebelum menjadi Kapolri, sekarang ini masuk di wilayah DPR untuk persetujuannya. Surat Presiden ke DPR baru diterima Rabu kemarin (15/6/2016). Hari ini, DPR langsung menggelar Rapat Pimpinan yang selanjutnya akan dibawa ke Paripurna untuk dibacakan surat dari presiden tersebut. Rencananya, Komisi III akan menggelar fit and proper test terhadap Tito Karnavian minggu depan.(faz/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
29o
Kurs