Senin, 6 Mei 2024

Tokoh Lintas Agama Bacakan Ikrar Kebhinnekaan Cinta Damai

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Pembacaan Ikrar Kebhinnekaan Cinta Damai di Gedung Negara Grahadi, Selasa (15/11/2016). Foto : Taufik suarasurabaya.net

Ratusan ormas lintas enam agama mengikuti Apel Besar Kebhinnekaan Cinta Damai yang digelar di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Selasa (15/11/2016).

Dalam apel kali ini, bertindak sebagai komandan upacara adalah Saifullah Yusuf (Gus Ipul dan Komandan Upacara AKBP Ilyas Hindrayasa.

Apel kali ini diikuti ratusan perserta lintas agama diantaranya perwakilan Agama Islam, Katolik, Kristen, Hindu, Budha, serta Konghucu.

Bersama dengan personel TNI, Polri, Pramuka, Satpol PP, dan Linmas, dalam apel kali ini para tokoh lintas enam agama ini lantas membacakan ikrar untuk saling menjaga kedamaian dan persatuan bangsa.

“Potensi kerusuhan antar umat akan selalu ada tapi di Jatim selalu kita jaga sehingga ketentraman dan kedamaian selalu terjaga,” kata Gus Ipul usai memimpin apel.

Menurut Gus Ipul, apel besar kali ini sekaligus untuk memperingati momentum Hari Pahlawan 10 November. Dengan semangat itupula, maka keteladanan dan persatuan bangsa harus selalu dijaga.

“Hikmah hari pahlawan harus dijaga sehingga bangsa ini khususnya warga Jawa Timur selalu mengedepankan kebersamaan dan menjaga selalu kehidupan berbineka tunggal ika,” kata Gus Ipul.

Semetara itu, pantauan suarasurabaya.net, ikrar Kebhinnekaan Cinta Damai kali ini dibacakan oleh tiga perwakilan tokoh agama yang lantas diikuti oleh seluruh peserta apel.

Apel sendiri dimulai tepat pukul 08.00 WIB dan juga dihadiri oleh para pejabat di lingkungan TNI dan Polri serta tokoh lintas agama. (fik/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
28o
Kurs