Senin, 13 Mei 2024

Tol Jembatan Suramadu Mulai Ramai Masyarakat Madura Lakukan Toron

Laporan oleh Bruriy Susanto
Bagikan
Pintu masuk tol Jembatan Surabaya-Madura (Suramadu) sudah terlihat mulai ramai pada libur panjang Hari Raya Idul Adha. Foto: Brury suarasurabaya.net

Pintu masuk tol Jembatan Surabaya-Madura (Suramadu) sudah terlihat mulai ramai pada libur panjang Hari Raya Idul Adha. Rata-rata didominasi kendaraan roda dua yang dari arah Surabaya yang masuk ke Madura.

Masyarakat memanfaatkan libur panjang untuk melakukan toron atau mudik. Dalam istilah toron, masyarakat Madura yang hidupnya merantau di luar tempat tinggalnya pulang kembali ke kampung halaman.

Mereka berkumpul, bersilahturami dengan keluarga yang sudah menunggu di kampung halamannya untuk merayakan Hari Raya Idul Adha. Masyarakat Madura lebih memilih toron pada hari raya Idul Adha, dibandingkan Idul Fitri.

Seperti yang dikatakan Fauziah, perempuan yang tinggal di Ampel Sawahan asal Tanah Merah, Madura ini mengaku, kalau memilih toron di Idul Adha, karena untuk menambah keakraban dan mempererat tali silaturrahmi baik dengan keluarga maupun tetangga. “Biasanya selesai shalat Id ada tradisi yang namanya Ter Ater,” kata Fauziah.

Tradisi Ter Ater ini, kata Fauziah, untuk mengantarkan masakan khas Madura berisikan kue ke tetangga. Dan, yang mengantarkan atau mengirim makanan adalah anak-anak.

“Dengan Ter Ater ini bisa menjadikan silahturahmi makin erat. Jadi kalau tidak pulang kampung halaman saat lebaran Hari Raya Idul Adha seperti kurang lengkap. Karena tidak bisa berkumpul dengan keluarga dan para tetangga di kampung halaman,” ujar dia. (bry/dwi)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 13 Mei 2024
29o
Kurs