Senin, 29 April 2024

Tol Pejagan-Pemalang Seksi I dan II Siap Lebaran Tahun Ini

Laporan oleh Jose Asmanu
Bagikan
Presiden Joko Widodo bersama ibu negara menyempatkan waktu untuk meninjau Jalan Tol Pejagan-Pemalang. Foto: Setpres

Dalam perjalanan dari Helipad Stadion Karang Birahi, Brebes menuju tempat penyelenggaraan Peluncuran Program Sinergi Aksi untuk Ekonomi Rakyat di Terminal Agribisnis Desa Larangan, Brebes, Senin (11/4/2016) Presiden Joko Widodo menyempatkan waktu untuk meninjau Jalan Tol Pejagan-Pemalang.

Jalan tol ini terbentang sepanjang 57.5 kilometer yang menghubungkan daerah Pejagan, Brebes dengan Pemalang, Jawa Tengah.

Usai meninjau ruas jalan tol ini, Presiden mengatakan 21 km dari ruas tol Pejagan-Pemalang Seksi I dan II telah selesai. “Nanti dipakai untuk lebaran kemudian 37 km lagi, Insya Allah 1 tahun saya beri target tadi ke Menteri PU, Menteri BUMN dan Dirut Waskita Karya, rampung,” kata Presiden.

Dengan berfungsinya jalan tol ini tentunya akan mempercepat distribusi barang dan mobiltas orang. Bahkan Presiden menggarisbawahi bahwa jalan tol ini dapat dikerjakan dengan cepat. “14 bulan rampung siang malam,” ucap Presiden.

Setelah bulan Mei 2016, lanjut Presiden, pembangunan akan dilanjutkan untuk ruas Batang-Semarang sepanjang 75 km. Turut hadir mendampingi Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Basuki Hadimuljono Menteri PU dan Perumahan Rakyat, Pratikno Menteri Sekretaris Negara, Pramono Anung Sekretaris Kabinet, Rini Soemarno Menteri BUMN, Ganjar Pranowo Gubernur Jawa Tengah dan M Choliq Direktur Utama Waskita Karya.

Jalan Tol Pejagan-Pemalang terbagi dalam empat seksi, yakni seksi I sepanjang 14,2 kilometer menghubungkan Pejagan-Brebes Barat, seksi II sepanjang 6 kilometer menghubungkan Brebes Barat-Brebes Timur, seksi III sepanjang 10,4 kilometer menghubungkan Brebes Timur-Tegal Timur, seksi IV sepanjang 26,9 kilometer menghubungkan Tegal Timur-Pemalang.

Jalan tol Pejagan-Pemalang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Jawa yang akan menghubungkan Merak, Banten hingga Banyuwangi, Jawa Timur dan diharapkan dapat menjadi solusi mengurangi kepadatan kendaraan di jalur Pantai Utara Jawa. (jos/dwi/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
30o
Kurs