Rabu, 22 Mei 2024

Underpass A Yani Dibangun Tahun Ini

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Ilustrasi

Pemerintah Kota Surabaya mulai menjalankan proyek pengurai kemacetan bundaran dolog atau taman pelangi, Jalan Jenderal Ahmad Yani (A Yani), tahun ini.

Sebuah underpass atau jalan bawah tanah akan dibangun di ruas timur Jalan A Yani.

Jalan bawah tanah sepanjang kurang lebih 526 meter ini dibangun tepatnya di depan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (Uinsa).

Underpass ini memanjang hingga Jalan A Yani di depan persimpangan Kantor BRI Jalan Jemur Andayani I (persimpangan menuju Kantor Dinas Perdagangan dan Perindustrian Jawa Timur).

“Idealnya underpass itu memotong rel kereta api. Tapi karena itu jalan nasional, kami tidak berwewenang mengerjakan. Kalau nasional ya ketemu nasional,” ujar Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya kepada wartawan di Ruang Kerjanya, di Balai Kota Surabaya, Kamis (31/3/2016) kemarin.

Karena itu, pembangunan ini nantinya akan menggunakan anggaran dari Pemerintah Pusat. Detail Engineering Design (DED) jalan bawah tanah ini, kata Risma, juga telah dilayangkan ke Pemerintah Pusat.

Risma berharap pembangunan underpass ini untuk mengatasi persimpangan kendaraan di satu bidang di depan rel kereta api Jalan A Yani, yang selama ini dinilai menjadi penyebab utama kemacetan di kawasan.

“Supaya enggak ketemu kendaraan dari Bundaran Dolog yang mau ke arah Jemursari, sehingga terjadi persimpangan satu bidang,” katanya.

Dia mengatakan, langkah pertama yang dilakukan sebelum memulai proyek underpass ini adalah memasang box culvert untuk menutup sungai di sepanjang Jalan Raya Jemursari.

Anggaran penutupan sungai dengan box culvert ini mencapai Rp33 miliar yang dikucurkan dari APBD Pemkot Surabaya.

Nantinya, sungai yang tertutup dengan box culvert akan menjadi bagian Jalan Raya Jemursari, sehingga jalan itu lebih longgar untuk kendaraan yang melintas.

Namun, kendaraan dari Jalan Raya Jemursari ini justru akan dilarang menyeberang rel kereta api menuju ke Jalan A Yani.

Pengendara harus berbelok melalui frontage road, mengambil u turn di persimpangan Kantor BRI Jalan Jemur Andayani I, kemudian menyeberang rel kereta api ke Jalan A Yani.

Tidak hanya jalan bawah tanah di Bundaran Dolog/Taman Pelangi, rencananya Pemkot Surabaya juga akan membangun underpass di simpang tiga menuju Jalan Margorejo. (den/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Rabu, 22 Mei 2024
30o
Kurs