Rabu, 17 April 2024

Usai Sholat Idul Adha, Ramai Perziarah Makam Sunan Ampel

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Suasana di Pemakaman Sunan Ampel. Foto: Farid suarasurabaya.net

Setelah selesai melaksanakan Sholat Idul Adha 1437 Hijriyah, Selasa (12/9/2016) di Masjid Agung Sunan Ampel, tidak sedikit jemaah melakukan ziarah ke makam Sunan Ampel.

Ratusan peziarah terpantau keluar masuk Komplek Makam Sunan Ampel yang terletak di sebelah utara bangunan lama Masjid Agung Sunan Ampel. Di sekitar sini terasa teduh karena banyak pepohonan yang rindang.

Sebelum masuk ke area makam, laki-laki dan wanita yang akan berziarah harus masuk lewat pintu yang berbeda. Laki-laki di pintu sebelah kiri, dan wanita masuk dari pintu kanan.

Di area pemakaman, tersedia kitab suci al quran yang tersusun rapi di kotak kaca. Jadi, setiap peziarah bisa memanjatkan doa untuk Sunan Ampel dan para kerabatnya.

Sunan Ampel ternyata tidak hanya menarik perhatian umat Islam dari Surabaya dan sekitarnya. Edy Setiawan, mahasiswa doktoral asal Luwu Sulawesi Selatan, mengaku sengaja melakukan ziarah ke sini.

“Sudah dari kemarin saya niat berziarah ke sini. Tapi, baru hari ini terlaksana. Sunan Ampel adalah wali yang memperjuangkan Islam di Tanah Jawa, dan terkenal hingga luar Jawa. Jadi wajar kalau banyak umat Islam yang berziarah sebagai penghormatan atas perjuangan beliau,” ujarnya kepada suarasurabaya.net.

Seperti diketahui, Raden Ahmad Rahmatulloh atau yang lebih dikenal dengan nama Sunan Ampel adalah salah satu dari sembilan Wali penyebar agama Islam di Nusantara.

Oleh karena itu, Masjid Agung Sunan Ampel menjadi salah satu tujuan wisata religi umat Islam di Jawa Timur. (rid/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 17 April 2024
27o
Kurs