Jumat, 26 April 2024

Warga Blokade Jalan di Sukorejo, Dua Jalur Surabaya-Malang Lumpuh

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Unjuk rasa warga Desa Ngadimulyo, Sukorejo di depan PT. Sampoerna yang memblokade dua jalur Surabaya-Malang. Lalu lintas pun macet. Foto : Angga via e100.

Penutupan jalan yang dilakukan oleh warga Desa Ngadimulyo, Sukorejo, Pandaan, Pasuruan, Kamis (2/6/2016) berimbas macet panjang. Penutupan jalan ini berlangsung sejak pukul 09.45 WIB.

Seorang warga Sukorejo saat mengudara di Radio Suara Surabaya, mengatakan, aksi blokade jalan tersebut dilakukan oleh warga yang berunjuk rasa kepada PT. Sampoerna, karena dianggap mengingkari perjanjian dengan warga.

Sementara itu, menurut Ipda Gede Sukarna Kanit Patroli Satlantas Polres Pasuruan mengatakan, warga menutup jalan terkait perusahaan yang mengingkari perjanjian dengan warga. “Saya kurang mengetahui alasan warga menutup dua jalur. Mungkin saja terkait sengketa tanah atau terkait masalah limbah,” ujarnya.

Menurutnya, saat ini pihak Polres Pasuruan sudah melakukan negosiasi dengan warga untuk membuka jalur yang ditutup jalan. “Kalaupun warga ingin menutup jalur, setidaknya hanya satu jalur saja dan tidak dua jalur. Sehingga kami bisa menjalankan sistem contra flow di jalur tersebut,” kata Gede ketika dihubungi Radio Suara Surabaya.

Belum ada pengalihan arus yang bisa dilakukan oleh Polres Pasuruan karena jalur alternatif terdekat adalah jalur desa, sehingga kemacetan Surabaya menuju Malang ataupun sebaliknya macet total.

Simbolon salah satu pendengar Radio Suara Surabaya memberikan saran yaitu melewati jalur alternatif melalui Taman Safari. Dia mengatakan pengendara kendaraan dari arah Malang bisa masuk menuju Taman Safari menuju ke perempatan Jetak. Untuk arah sebaliknya, bisa berbelok kanan menuju perempatan jetak dan melewati jalur Taman Safari. Meskipun jalur ini kecil, Simbolon mengatakan, jalur ini bisa dilalui kendaraan dua arah. (tit/ipg)

Teks Foto:
– Unjuk rasa warga Desa Ngadimulyo, Sukorejo di depan PT. Sampoerna.
Foto: Tika via e100

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
25o
Kurs