Minggu, 2 Juni 2024

Warga Surabaya Berebut Ikan Mabuk di Sungai Kalimas

Laporan oleh Bruriy Susanto
Bagikan
Ikan yang mabuk di Sungai Kalimas Surabaya, bukan terkena limbah, tapi diduga penyebabkan banyak dam atau pintu yang dibuka. Foto: Bruriy suarasurabaya.net

Sungai Kalimas, dekat Stasiun Kereta Api Semut, Kota Surabaya, dipenuhi warga dengan membawa jaring, untuk berebut mengambil ikan. Pemandangan tersebut terlihat di bantaran sungai, dari Jalan Semut Kali hingga Jalan Bibis, Sabtu (21/5/2016).

Penyebabnya, warga sedang mencari ikan di sungai yang sedang mabuk. “Iwake akeh seng mendem. Gak onok seng mati, lumayan (Ikannya banyak yang mabuk. Tidak ada yang mati, lumayan, red),” kata Deddy, warga Ploso, kepada suarasurabaya.net, Sabtu (21/5/2016).

Menurut dia, ikan yang mabuk di sungai tersebut karena bukan terkena limbah. Melainkan, diduga banyak dam atau pintu yang dibuka. “Ini terjadi setiap kali pintu dam air dibuka, selalu ada ikan yang mabuk,” ujar dia.

Untuk mendapatkan ikan yang mabuk di sungai, Deddy harus menggunakan jaring bertongkat, dan sudah mendapatkan ikan seukuran kantong plastik sedang.

Rencananya, ikan yang didapatnya itu akan dibawa pulang untuk dimasak, dijadikan tambahan lauk saat dimakan. “Lumayan, daripada beli mending jaring, gratis. Bisa dimakan di rumah sama keluarga, buat tambahan lauk,” ujarnya. (bry/ipg)

Teks Foto:
– Deddy harus menggunakan jaring bertongkat, dan sudah mendapatkan ikan mabuk seukuran kantong plastik sedang dari Sungai Kalimas ini.
Foto: Bruriy suarasurabaya.net

Berita Terkait

..
Surabaya
Minggu, 2 Juni 2024
28o
Kurs