Sabtu, 20 April 2024

Waspadai Puncak Pasang Air Laut Terjadi 3-5 Juli

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Genangan air imbas pasang air laut ini meluber di sepanjang jalan Kalianak, Senin (4/7/2016). Foto : Ryan Bayu via e100.

Puncak pasang air laut terjadi di beberapa daerah di Jawa Timur termasuk Surabaya antara 3-5 Juli 2016.

Fajar Setiawan Prakirawan BMKG Tanjung Perak mengatakan, di wilayah Surabaya sendiri, puncak pasang air laut terjadi di Surabaya bagian utara.

“Di Surabaya utara seperti di Kalianak dan Kalimas pasang air laut berkisar antara 70-80 cm,” kata Fajar ketika berbincang dengan suarasurabaya.net.

Selain di Surabaya, pasang air laut yang menyebabkan banjir rob juga melanda Semarang. “Tapi kalau di jalur Pantura seperti Semarang ini memang langganan tiap bulannya,” ujar dia.

Fajar menjelaskan, puncak pasang air laut ini terjadi apabila bulan berada pada garis lurus bumi dan matahari. Gaya gravitasi cukup tinggi dan menarik air di bumi sehingga air tertarik naik seperti di pesisir.

Fajar juga mengimbau pada para pemudik yang menggunakan jalur laut untuk berhati-hati. Ini karena gelombang laut cukup tinggi antara 1,5-2,5 meter. Tapi ada potensi sampai 3,5 meter sampai tiga hari ke depan.

“Ini khususnya untuk pemudik yang dari atau menuju ke Kangean dan Makasar,” katanya. (dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
32o
Kurs