Jumat, 26 April 2024

2018, Puluhan SD dan SMP di Surabaya Akan Direhabilitasi

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan

Pemerintah Kota Surabaya akan merehabilitasi puluhan sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) di Kota Pahlawan pada 2018.

Eri Cahyadi Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman Cipta Karya dan Tata Ruang Kota Surabaya di Surabaya, Selasa (26/12/2017) mengatakan pihaknya telah menganggarkan sekitar Rp200 miliar untuk renovasi SD dan SMP.

“Ini hanya untuk pembangunan ruang kelas untuk sekolah SD dan SMP, bukan sekolah baru,” katanya seperti dilansir Antara.

Menurut dia, renovasi sekolah tersebut ditargetkan semua selesai pada akhir 2018. “Karena bukan proyek multiyear, jadi harus selesai 2018,” ujarnya.

M Taufik Siswanto Kepala Bidang Pembangunan Gedung Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman Cipta Karya dan Tata Ruang Kota Surabaya menambahkan ada sebanyak 75 sekolah yang akan direhabilitasi dengan perincian 49 SD dan 26 SMP.

“Renovasi dan rehab yang dilakukan untuk sekolah tersebut bermacam-macam bentuknya,” katanya.

Menurut dia, ada yang ditambah gedung dan halaman, ada juga yang sambil ditambah halaman sekolahnya. Namun, lanjut dia, adalah penambahan gedung kelas di sekolah yang lahannya sempit.

Agar sekolah tetap punya halaman dan gedung kelas bisa bertambah, lanjut dia, maka yang dilakukan adalah dengan meninggikan gedung sekolah. “Rata-rata sampai tiga lantai,” ujarnya.

Dengan bertambahnya ruang kelas, kata dia, maka siswa yang dulunya kelasnya bergantian atau sistem shift sekolah pagi dan siang tidak perlu dilakukan lagi. Mereka bisa sama-sama berangkat ke sekolah di pagi hari semua.

Selain pembangunan ruang kelas, yang juga dilakukan adalah penambahan ruang laboratorium, ruang olahraga perpusataan, dan saranan gedung yang lain tergantung kebutuhan.

“Kebutuhnnya sesuai dengan yang direkomendasikan dari Dinas Pendidikan. Termasuk pemenuhan sarana dan prasarana alat yang mendukung,” katanya. (ant/dwi/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
29o
Kurs