Minggu, 19 Mei 2024

300 Perizinan di Surabaya Segera Online Triwulan Pertama 2017

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Ilustrasi

Sebanyak 300 perizinan yang ada di Surabaya ditargetkan segera online pada triwulan pertama 2017 ini.

Eko Agus Supiadi Kepada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kota Surabaya mengatakan hal ini, Selasa (17/1/2017).

“Targetnya triwulan pertama. Betul, nanti ada 300-an perizinan yang akan online dari 12 SKPD,” ujarnya usai menggelar keterangan pers terkait target investasi pada 2017.

Eko mengatakan, masing-masing dinas memang memiliki beragam perizinan. Misalnya Dinas Kesehatan Kota Surabaya, setidaknya ada 20-an izin yang ditangani oleh dinas tersebut.

Seluruh perizinan yang ada itu, kata Eko, akan terintegrasi di Surabaya Single Windows (SSW) untuk mendukung penerapan sistem Pelayanan Terpadu Satu Atap (PTSP) di Gedung Eks Siola.

“Jadi dengan online ini, pemohon tidak perlu bertatap muka dengan petugas. Ini kan juga mengurangi cost. Tinggal by phone, atau email. Tapi ini bagi yang sudah melek IT, ya,” katanya.

Sementara bagi pemohon izin yang belum familiar dengan Teknologi Informasi Pemkot saat ini menyiapkan PTSP di Gedung eks Siola.

Eko mengatakan, saat ini sedang ada sedikit renovasi di kantornya di lantai tiga. “Mejanya jadi panjang,” ujarnya lalu tertawa.

Secara bertahap, Pemkot Surabaya bermaksud memfokuskan semua perizinan yang selama ini dilayani oleh dinas ke PTSP. Sehingga di waktu yang akan datang, pemohon tidak perlu lagi datang ke kantor dinas, cukup ke PTSP.

“Saat ini yang sudah ada di PTSP perizinan dari 12 dinas, nanti ke depan ditambah tujuh lagi, jadi 19 dinas. Kalau kantornya, InsyaAllah sudah siap dipakai bulan ini,” ujarnya.(den/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Minggu, 19 Mei 2024
29o
Kurs