Sabtu, 20 April 2024

40 Guru dan Kepala Sekolah Kejuruan Berprestasi se-Indonesia Ikuti Pelatihan di Selandia Baru

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Sebanyak 40 guru dan kepala sekolah SMK berprestasi dari berbagai provinsi di Indonesia mengikuti pelatihan peningkatan kapasitas (capacity building) di Selandia Baru. Foto: Istimewa

Sebanyak 40 guru dan kepala sekolah SMK berprestasi dari berbagai provinsi di Indonesia mengikuti pelatihan peningkatan kapasitas (capacity building) di Auckland University of Technology (AUT) Selandia Baru dari tanggal 14 Oktober sampai 4 Nopember 2017.

Pelatihan bertujuan meningkatkan kapasitas para guru dan kepala sekolah dalam proses belajar mengajar. Serta membuat siswa lebih aktif serta lebih mudah dalam memahami materi pelajaran kejuruan. Para guru dan kepala sekolah juga diberikan pelatihan dan penguasaan bidang-bidang seperti pertanian, maritim, ekonomi, ekonomi kreatif, energi terbarukan, otomotif, industri pariwisata, desain dan perawatan kecantikan.

Kegiatan pelatihan diadakan dalam bentuk seminar, diskusi antar pengajar, workshop dan kunjungan ke sekolah-sekolah. Melalui pembekalan ini diharapkan para guru dan kepala sekolah yang telah mengikuti pelatihan dapat mengaplikasikan metode pengajaran tersebut kepada siswa di Indonesia.

“Selandia Baru dikenal sebagai negara yang memiliki keunggulan di bidang pendidikan kejuruan dari sekolah menengah atas, diploma, hingga tingkat doktoral yang dirancang memiliki hubungan dengan dunia kerja dan duni usaha,” jelas Tantowi Yahya Dubes RI untuk Selandia Baru dalam pesan singkatnya, Kamis (9/11/2017).

Dalam kesempatan pertemuan dengan para guru dan kepala sekolah di KBRI Wellington, Dubes Tantowi menyampaikan paparan tentang “Selandia Baru Negara Sahabat di Pasifik”. Pemaparan tersebut dimaksudkan untuk memberikan pemahaman tentang masih terbukanya potensi kerjasama yang didapat digali dengan Selandia Baru di berbagai bidang utamanya di pendidikan, ekonomi dan budaya.

Selama ini AUT aktif menjalin kerjasama pendidikan dengan pemangku kepetingan di Indonesia. Pada akhir tahun 2016 AUT telah melakukan pelatihan bagi 50 penggiat seni budaya yang terpilih dari seluruh Indonesia. AUT dimana Indonesia Centre berada adalah satu dari 8 universitas terbaik di Selandia Baru.

“Sebagai bagian dari tugas kami dalam upaya mencerdaskan rakyat Indonesia, kami terus giat membangun komunikasi dengan berbagai universitas di Selandia Baru dalam rangka mencari peluang kerjasama dalam berbagai bentuk dan juga bea siswa,” kata Tantowi.(faz/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
32o
Kurs