Senin, 20 Mei 2024

43 Gajah Liar Serbu Desa-desa Tanzania Utara

Laporan oleh Restu Indah
Bagikan
Kawanan gajah. Foto : Wikipedia

Warga desa-desa di Distrik Monduli, Tanzania Utara, hidup dalam ketakutan menghadapi kawanan gajah liar yang berkeliaran ke daerah permukiman mereka.

Kawanan gajah liar tersebut masuk ke desa Nalarami, Moita, Bwawani, Kilimasie, Mbuyuni dan Naiti.

Loserian Kimbele, Pejabat Eksekutif Daerah Nalarami, mengatakan, “Kami telah melaporkan masalah itu ke pihak yang berwenang sehingga mereka bisa datang dengan tindakan alternatif untuk mengatasi hal buruk ini.”

Ia mengatakan serbuan gajah-gajah tersebut mengakibatkan ketakutan dan kepanikan di kalangan warga desa selain merusak 43 hektare tanaman. Sebab warga desa sangat bergantung pada hasil panen.

Iddi Kamata, Komisioner Distrik Monduli, mengkonfirmasi peristiwa tersebut, mengatakan bahwa tak ada laporan mengenai korban jiwa.

“Kami telah menugaskan penjaga hutan untuk mengurus warga desa yang terdampak dan mengusir gajah liar itu ke daerah perlindungan,” katanya.

Menurut Komisioner Distrik tersebut, ada 43 gajah yang berkeliaran baik dari Taman Nasional Tarangire atau Taman Nasional Danau Mayara, suaka margasatwa yang berada di dekat distrik itu.

Ia mengatakan gajah liar menyerbu desa Moita, Bwawani, Kilimasie, Mbuyuni dan Naiti.

Pejabat tersebut mengatakan penilaian yang dilakukan oleh petugas suaka margasatwa bekerja sama dengan Departemen Pertanian menunjukkan lebih dari 40 hektare lahan telah rusak akibat binatang-binatang besar itu di Desa Naralami.
Saat ini, sebagian warga desa meninggalkan rumah mereka karena mengkhawatirkan keselamatan mereka.

“Sebagian anak kami tak bisa pergi ke sekolah karena alasan keamanan,” kata warga desa.

Menurut hukum, ganti-rugi bagi pengrusakan yang dilakukan oleh hewan liar akan ditanggung oleh Kementerian Pariwisata dan Sumber Daya Alam Tanzania, demikian tulis Antara. (ant/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Senin, 20 Mei 2024
26o
Kurs