Sabtu, 27 April 2024

50 Hektare Lebih Padang Savana Gunung Bromo Terbakar

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Tim Gabungan berupaya mobile dalam memadamkan api di padang savana Gunung Bromo. Foto: Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS)

Padang savana di Gunung Bromo terbakar, Senin (11/9/2017). Kebakaran yang dimulai pukul 11.00 WIB, sampai malam belum bisa dipadamkan. Api juga merambat hingga ke tebing penanjakan (Bukit Cinta, red).

Sarmin Kepala Seksi Wilayah I Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) mengatakan, api membakar kurang lebih 50 hektare padang savana. Kebakaran dimulai muncul sekitar pukul 11.00 WIB, yang penyebanya dimungkinkan dari perapian sisa pengunjung.

“Sampai malam ini kebakaran masih terjadi, kami masih di lapangan untuk memadamkan. Api mulai merembet ke penanjakan (Bukit Cinta, red) ini. Kami perlu hati-hati karena di tebing-tebing ini,” katanya dihubungi suarasurabaya.net, Senin malam.

Sarmin mengatakan, pemadaman ditangani 90 personel terdiri dari unsur TNI, Polri, BPBD, petugas TNBTS dan masyarakat. Pemadaman dilakukan secara manual. Juga ada dua mobil pemadam kebakaran untuk mempercepat pemadaman.

“Doakan saja besok pagi bisa padam semua. Tidak ada penutupan untuk wisatawan, kami terus siaga,” katanya. (bid/ipg)

Teks Foto:
1. 50 hektare lebih padang savana terbakar hingga malam belum secara total dipadamkan.
2. Tim gabungan TNI, Polri, BNPB, dan Petugas TNBTS dibantu masyarakat melakukan pemedaman secara manual.
Foto: Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS)

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
29o
Kurs