Selasa, 7 Mei 2024

Ada 47 Paket Lelang Jalan Nasional di Jatim Tahun 2017

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Ilustrasi. Perbaikan Jalan Kalianak, Surabaya. Foto: Dok. suarasurabaya.net

Pada tahun 2017 ini ada 47 paket lelang jalan nasional di Jatim. Dari 47 paket itu 32 di antaranya dalam proses lelang, 10 paket sudah tandatangan kontrak dan 2 paket akan tandatangan di akhir Januari.

Ketut Darma Wahana Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah 8 Jatim mengatakan, namun ada yang prosesnya teken ulang di pertengahan sampai akhir Februari.

“Targetnya akhir Februari 47 paket bisa selesai semua. Sekarang 15 paket memang masih belum proses lelang,” kata Ketut pada Radio Suara Surabaya.

Ketut menjelaskan, 10 paket yang sudah tandatangan itu di antaranya Kertosono, Kediri, Tulungagung, Trenggalek, Pacitan, Ponorogo, Probolinggo, Lumajang, Turen dan Blitar.

“Pelaksanaan sudah dimulai dengan penambalan rutin. Dengan adanya situasi kerusakannya lebih cepat, yang belum tandatangan kontrakpun sudah koordinasi dengan pusat,” ujar dia.

Dengan demikian, kata dia, ada perubahan yang dilakukan yakni evaluasi produk. Yang belum tandatangan kontrak akan dipakai swakelola tapi tetap dikerjakan dengan swakelola. Nantinya setiap ruas ada penambalan jalan.

“Sesudah koordinasi dengan pusat dengan keadaan di lapangan yang begini makanya ada evaluasi semua program. Yang memungkinkan kita pakai swakelola meski belum kontrak juga bisa dikerjakan dengan swakelola itu,” katanya.

Namun, kata dia, tidak semua bisa memakai swakelola. Swakelola itu kalau memang mendesak, lelang dan tandatangan bisa terhambat. Prinsipnya sesuai dengan kemampuan yang dimiliki misalnya hanya penambalan, kalau sudah kontrak baru diperbaiki permanen. (dwi/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 7 Mei 2024
27o
Kurs