Jumat, 26 April 2024

Agustus Diharapkan Jadi Bulan Olahraga Permainan Tradisional

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Sepakbola mengenakan daster salah satu permainan tradisional yang dilombakan di Kampung Simokerto Surabaya setiap tahun. Foto: Istimewa.

Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72 diperingati warga Kota Surabaya dengan berbagai kegiatan. Lomba permainan tradisional menjadi salah satu tradisi yang terus dilestarikan hingga kini.

Di kampung dolanan yang berada di Jalan Kenjeran Gang 4C Kelurahan Simokerto, Kecamatan Simokerto, Surabaya misalnya, jadwal lomba permainan tradisional siap meramaikan hari kemerdekaan 17 Agustus ini.

Mulai tanggal 6 hingga 27 Agustus, rangkaian kegiatan akan dilaksanakan warga kampung. Lomba permainan tradisional yang akan dimainkan di kampung tersebut diantaranya, Keprok Balon dan Balap Bakiak, Sepakbola Daster, Rias wajah dengan mata tertutup, Balap Karung, Koin dalam pepaya, lari dengan nendang bola, dan lomba joget.

Mustofa Sam Pegiat Dolanan Tradisional mengatakan, para pemuda di kampung dolanan berharap setiap bulan Agustus dijadikan sebagai bulan olahraga permainan tradisional.

“Kami berharap seluruh pegiat dolanan tradisional tingkat nasional ikut mengkampanyekan bahwa bulan Agustus sebagai bulan olahraga permainan tradisional,” ujarnya kepada suarasurabaya.net, Minggu (6/8/2017).

Selain itu, pelestarian dolanan tradisional di kampung-kampung bisa menjadi alat kekuatan persatuan dan kesatuan yang erat. Menurutnya, momentum perayaan kemerdekaan dirayakan sebagai alat pererat kekeluargaan di kalangan kampung.

“Kampung itu sebagai ujung tombak kekuatan sebuah negara. Saat rakyat kampung kuat maka negara akan kuat,” kata Cak Mus.

Selain lomba permainan tradisional, perayaan kemerdekaan RI ke 72 diperingati warga Simokerto dengan pemutaran Film sejarah dan upacara kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus nanti. (bid/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
26o
Kurs