Kamis, 28 Maret 2024

Ahok Ingatkan Pendukungnya, Perjuangan Belum Selesai

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat pasangan cagub-cawagub DKI Jakarta nomor urut 2, menyapa pendukungnya di Rumah Lembang, Jakarta Pusat, Rabu (15/2/2017). Foto: Farid suarasurabaya.net

Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) calon Gubernur DKI nomor urut 2, mengucapkan terima kasih kepada warga Jakarta, relawan dan partai politik yang mendukungnya di Pilkada 2017.

Dengan dukungan itu, pasangan Basuki-Djarot untuk sementara memimpin perolehan suara berdasarkan hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei.

Padahal, kata Ahok, sekitar 4 bulan yang lalu, ada lembaga survei yang memprediksi pasangan nomor urut 2 cuma mendapat 20 persen suara, lalu tersisih di putaran pertama.

Walau unggul sementara, dia meminta pendukungnya sabar menunggu hasil hitungan resmi dari KPU DKI, dan siap berjuang lagi kalau memang harus melakoni dua putaran.

“Kami yakin perjuangan belum selesai. Semangat Ahok-Djarot nggak pernah padam. Kami bersyukur banyak orang melihat apa yang telah kami lakukan, banyak orang percaya kami mampu mengadministrasi keadilan sosial untuk warga DKI,” katanya di Rumah Lembang, Jakarta Pusat, Rabu (15/2/2017).

Sekadar diketahui, syarat kemenangan cagub DKI beda dengan wilayah lain di Indonesia.

Berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 6 Tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota di Aceh, Jakarta, Papua, dan Papua Barat, cagub dan cawagub DKI harus memperoleh suara lebih dari 50 persen untuk menjadi pemenang.

Kalau tidak sampai lebih dari 50 persen, maka diadakan pemilihan putaran kedua yang diikuti dua pasang calon peringkat 1 dan 2, pada putaran pertama. (rid/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
27o
Kurs