Senin, 6 Mei 2024

Aksi Reuni 212 Berlangsung Tertib, Tidak Ada Penjagaan Ketat Aparat Keamanan

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Massa peserta aksi Reuni Akbar Alumni 212 memenuhi lapangan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Sabtu (2/12/2017). Foto: Farid suarasurabaya.net

Ribuan massa ormas berbasis Islam, hari ini, Sabtu (2/12/2017) menggelar kegiatan bertajuk Reuni Akbar Alumni 212, di kawasan Monas, Jakarta Pusat.

Peserta aksi dari berbagai daerah dan berbagai usia mulai dari anak-anak sampai orang dewasa sudah memenuhi lokasi sejak pagi.

Mereka terlihat begitu menikmati suasana, bahkan banyak juga yang mendengarkan orasi keagamaan sambil bersantai di sekitaran Lapangan Monas, seperti sedang rekreasi.

Berbagai tuntutan disampaikan dalam orasi keagamaan, antara lain supaya pihak kepolisian tidak mengkriminalisasi Muhammad Rizieq Shihab yang akrab disapa Habib Rizieq.

Sebelumnya, beredar kabar kalau Habib Rizieq akan menghadiri acara yang digagas Presidium Aksi 212 ini. Tapi, ternyata pemimpin ormas Front Pembela Islam (FPI) tersebut kabarnya masih berada di luar negeri.

Sementara itu, aparat Kepolisian yang bertugas juga terlihat berbaur dengan peserta aksi. Tanpa membawa senjata, mereka tetap siaga mengawasi keadaan dan menjaga keamanan.

Di sekitar lokasi aksi juga ada beberapa orang yang berkeliling membawa kantong plastik berukuran besar, sambil memunguti sampah. Mereka berupaya menjaga supaya kawasan Monas tetap bersih.

Sekadar diketahui, kegiatan ini merupakan peringatan setahun Aksi Bela Islam yang waktu itu menuntut supaya Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) Gubernur DKI divonis bersalah oleh pengadilan, karena dinilai menghina Islam.

Berdasarkan informasi dari pihak panitia, aksi Reuni 212 akan berakhir sesudah Shalat Dzuhur berjamaah. Tapi, sekitar pukul 10.30 WIB, sudah banyak peserta aksi yang mulai meninggalkan Lapangan Monas. (rid/iss/ipg)

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
31o
Kurs