Rabu, 8 Mei 2024

Aksi Seribu Lilin Menggelorakan Persatuan dan Kesatuan

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Beberapa orang peserta 1000 Lilin untuk NKRI Damai di Tugu Pahlawan, Jumat (12/5/2017) malam. Foto: Abidin suarasurabaya.net

Ribuan warga Surabaya Peduli NKRI bersiap menggelar kegiatan 1000 Lilin untuk NKRI Damai di Tugu Pahlawan Surabaya, Jumat (12/5/2017) malam. Ribuan warga berdatangan mulai memenuhi Jl Pahlawan di depan Kantor Gubernur Jatim sejak pukul 19.00 WIB.

Mereka merapat di sisi gapura museum Tugu Pahlawan dengan membawa lilin. Ada satu mobil komando lengkap dengan pengeras suara untuk orasi damai dalam aksi malam ini. Rata-rata warga mengenakan baju merah.

Begitu sudah berkumpul di Jl Pahlawan ini, seluruh massa menyanyikan lagu Padamu Negeri dengan mengangkat lilin yang mereka pegang masing-masing. Nyanyian lagu nasional lain juga menggema dengan disertai pembacaan puisi yang isinya merindukan persatuan dan kesatuan.

Josua salah satu peserta dari Tenggilis Mejoyo Rungkut mengatakan, tujuan datang aksi di sini untuk mendukung keadilan dengan kasih dan menyuarakan persatuan.

“Kami datang ke sini menginginkan Indonesia damai, keadilan ditegakkan dan NKRI harga mati untuk persatuan dan kesatuan,” ujarnya kepada suarasurabaya.net, Jumat (12/5/2017) malam.

Josua mengatakan, momentum seperti ini jarang sekali terjadi dimana semua orang saling bergandengan, datang ke sini tanpa memandang suku, agama dan ras untuk menyuarakan kedamaian.

“Momentum ini langka, kami datang ke sini dengan tujuan sama kedamaian untuk NKRI,” kata Josua yang datang bersama anggota keluarganya.

Setelah menyalakan lilin dan menyanyikan lagu nasional, sekitar pukul 20.00 WIB mereka langsung membubarkan diri. Korlap juga mengimbau agar massa bubar dengan tertib. (bid/iss/ipg)

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 8 Mei 2024
31o
Kurs