Rabu, 8 Desember 2021

Aliansi Mahasiswa Menolak Pansus Angket KPK di Jalan Indrapura

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Aliansi mahasiswa yang menamakan diri Jatim Bergerak menggelar aksi unjuk rasa di depan kantor DPRD Jatim Jl Indrapura, Surabaya, Kamis (27/7/2017). Foto: Abidin suarasurabaya.net

Aliansi mahasiswa yang menamakan diri Jatim Bergerak menggelar aksi unjuk rasa di depan kantor DPRD Jatim Jl Indrapura, Surabaya, Kamis (27/7/2017).

Dalam aksi kali ini, puluhan mahasiswa menolak langkah DPR RI dalam membentuk Panitia Khusus Hak Angket KPK.

Naufal Alwan Haris juru bicara aksi mengatakan, aksi ini merupakan bentuk dukungan untuk Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Mahasiswa menilai dengan adanya pansus hak angket KPK, DPR seolah akan melemahkan semangat pemberantasan korupsi di negeri ini.

“Kami menolak segala bentuk intervensi dalam pemberantasan korupsi. Kami meminta panitia hak angket KPK segera dibubarkan,” ujar Naufal.

Naufal mengatakan, dalam aksi ini mahasiswa juga meminta DPRD Jatim ikut bersikap menolak hak angket ini dan mendukung KPK dalam menjalankan tugas memberantas korupsi.

Pantauan suarasurabaya.net, selain berorasi bergantian, puluhan mahasiswa juga membentangkan spanduk dukungan kepada KPK. Selain itu, ada spanduk yang bertuliskan “Copot Setya Novanto dari Ketua DPR RI.” Mahasiswa juga memainkan teaterikal yang menceritakan KPK dibelenggu oleh panitia hak angket.

Massa aksi dijaga ketat oleh aparat kepolisian. Massa hanya bisa berorasi di antara barikade kawat berduri di depan Kantor DPRD Jatim. Kondisi lalu lintas juga tidak terganggu karena massa tidak terlalu banyak. (bid/dwi/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Suasana Unjuk Rasa Melewati Basra

Surabaya
Rabu, 8 Desember 2021
26o
Kurs