Jumat, 26 April 2024

Anak Muda Jangan Takut Memulai Bisnis

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Ilustrasi

Memasuki tahun baru 2017, yang kabarnya menjadi tahun pembuka perekonomian internasional, anak muda diharapkan tidak takut untuk memulai diri menjalankan berbagai bisnis sesuai dengan keinginan serta passionnya masing-masing.

“Beberapa hal fundamental memang dibutuhkan untuk memulai sebuah bisnis. Tetapi sebaiknya anak muda atau generasi muda yang ingin mulai menjadi enterpreneur tidak takut untuk mencoba dan melangkah terlebih dahulu,” kata Dr. Ir. Denny Bernardus K.W, M.W, Corporate Enterpreneurship Specialist Ciputra Education Foundation.

Lebih lanjut Denny menegaskan bahwa menjadi enterpreneur memang butuh keberanian untuk memulai sesuatu hal baru. Jika gagal jangan berhenti, tetapi harus terus dicari solusi terbaiknya.

“Karena memulai menjalankan bisnis yang sesuai dengan keinginan serta kemauan masing-masing pihak memang butuh keberanian. Tetapi jangan lupa yang paling mendasar adalah keberanian untuk memulai dan tidak berhenti,” kata Denny.

Lalu Denny mencontohkan, jika seseorang memulai bisnis kemudian ternyata tidak berjalan sesuai dengan harapan, sebaiknya memang langsung dilakukan penelitian atau ditinjau kembali hal-hal yang bisa jadi membuat bisnis atau usaha yang dijalankan tidak sesuai harapan.

“Jangan takut untuk berubah. Jika memang ada banyak hal yang menjadikan bisnis atau usaha Anda tidak berjalan sesuai harapan, maka jangan ragu untuk langsung banting stir, dengan memulai hal baru lainnya,” kata Denny.

Tetapi yang penting diingat, kata Denny adalah bahwa sebaiknya melakukan pengkajian terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mengubah bisnis setelah berjalan dan ternyata tidak sesuai dengan harapan.

“Jangan langsung berhenti. Atau jangan langsung berganti bisnis ketika Anda belum mencoba mengkaji atau mengevaluasi kekurangan-kekurangan yang ada. Jangan takut sebelum mencoba,” ujar Denny.

Oleh karena itu, Denny mengingatkan di tahun 2017 ini, menjadi saat tepat bagi anak muda untuk memulai menjalankan bisnis sendiri, menjadi enterpreneur. “Jangan pernah takut mencoba dan melangkah,” kata Denny saat ditemui suarasurabaya.net, Kamis (26/1/2017).(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
31o
Kurs