Selasa, 14 Mei 2024

Angkutan Lebaran, Tiga Hal Penting Harus Bisa Dirasakan Masyarakat

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Ir. H. Bambang Haryo Soekartono anggota Komisi VI DPR RI (berbaju batik) saat ngobrol dengan calon penumpang di Stasiun Surabaya Gubeng. Foto: Totok suarasurabaya.net

Menjelang dilaksanakannya angkutan Lebaran 2017, sekurangnya 3 hal penting terkait dengan layanan kepada masyarakat pengguna moda transportasi angkutan Lebaran, harus terpenuhi dan dapat dirasakan.

“Kesiapan memang sangat dibutuhkan. Ada sekurangnya 3 hal yang memang harus dipenuhi oleh PT KAI dalam kaitannya dengan pelaksanaan angkutan Lebaran 2017 ini. Kapasitas angkut, keamanan dan keselamatan, serta kenyamanan,” kata Ir. H. Bambang Haryo Soekartono anggota Komisi VI DPR RI.

Bambang menegaskan bahwa kapasitas angkut yang dimiliki oleh PT KAI dengan ketersediaan seluruh armadanya tahun ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. “Tahun lalu sekitar 33.000 seat, tahun ini diperkirakan naik antara 3% hingga 4%,” kata Bambang.

Dengan kenaikan itu, PT KAI khususnya di wilayah Daop 8 Surabaya diharapkan mampu menyediakan sekurangnya 44.000 seat bagi masyarakat yang akan menggunakan moda transportasi kereta api di saat Angkutan Lebaran 2017 mulai dilaksanakan.

“Kebutuhan masyarakat akan moda transportasi yang memudahkan pergerakan dari satu kota ke kota lainnya didalam provinsi maupun diluar provinsi saat menjelang Lebaran pasti meningkat. Jika PT KAI Daop 8 Surabaya sudah mempersiapkannya sejak saat ini, sangat bagus,” ujar Bambang.

Dipastikan, seluruh armada kereta api yang ada diwilayah kerja Daop 8 Surabaya nantinya akan dikerahkan untuk pelaksanaan Angkutan Lebaran 2017. “Jika masih kurang, tadi sudah disampaikan, akan ditambah dengan kereta Sapu Jagad,” kata Bambang.

Selain kapasitas angkut yang sudah dipersiapkan, Bambang mengingatkan bahwa faktor keamanan dan keselamatan juga menjadi bagian penting layanan pada Angkutan Lebaran 2017 nanti. Masyarakat pengguna transportasi kereta api tentunya ingin merayakan Lebaran bersama keluarga, dan oleh karena itu faktor keamanan dan kesematan jadi penting.

“Tentunya kerjasama dengan aparat keamanan yang ada sudha dilaksanakan, seperti tahun-tahun sebelumnya. Dan faktor lainnya yang juga penting adalah kenyamanan. Kami melihat bahwa saat ini, pihak PT KAI khususnya Daop 8 Surabaya sudah memberikan yang terbaik untuk kenyamanan masyarakat pengguna kereta api,” kata Bambang.

Senin (15/5/2017) Bambang Haryo Soekartono yang juga anggota Badan Anggaran (banggar) DPR RI melakukan kunjungan ke PT KAI Daop 8 Surabaya guna melihat langsung kesiapan pelaksanaan Angkutan Lebaran 2017. Pada kesempatan itu, Bambang sempat ngobrol dengan calon penumpang kereta api di Stasiun Surabaya Gubeng.(tok/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 14 Mei 2024
25o
Kurs