Minggu, 5 Mei 2024

Angkutan Mudik Lebaran 2017, Bus Cadangan Wajib Patuhi Persyaratan

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Jalur keberangkatan bus di Terminal Purabaya, Bungurasih Sidoarjo. Foto: Totok/Dok. suarasurabaya.net

Armada bus cadangan yang dipersiapkan untuk mengantisipasi lonjakan jumlah calon penumpang mudik Lebaran 2017, melalui Terminal Purabaya, Bungurasih Sidoarjo wajib memenuhi syarat dan ketentuan yang ditetapkan.

“Kami memang sudah siapkan armada bus cadangan. Jika nanti dibutuhkan, dan kondisinya memang mengharuskan meluncurkan armada bus tambahan, kami akan segera luncurkan. Yang pasti kami maksimalkan armada bus yang ada,” kata Harjo Kepala Sub Unit Keamanan dan Ketertiban (Kasubnit Kamtib) Terminal Purabaya, Bungurasih Sidoarjo.

Namun demikian armada bus cadangan, lanjut Harjo wajib memenuhi syarat dan ketentuan yang sudah ditetapkan oleh Dinas Perhubungan dalam hal ini Unit Pelaksana Teknis (UPT) Terminal Purabaya, Bungurasih Sidoarjo.

“Ada persyaratan dan ketentuan yang wajib dipenuhi oleh pengelola perusahaan bis untuk bisa menjadi bus cadangan pada Mudik Lebaran 2017. Persyaratan dan ketentuan yang sama dengan yang diterapkan pada seluruh armada bus yang ada di Purabaya,” ujar Harjo.

Artinya, meskipun posisinya armada bus cadangan, tetapi tetap wajib memenuhi aturan dan syarat layak jalan dan operasional sesuai prosedur yang ada. “Kelengkapan surat, mulai dari izin trayek, termasuk SIM pengemudi, dan kelayakan kendaraannya,” kata Harjo.

Kalau tidak memenuhi persyaratan, lanjut Harjo misalnya kelayakan bus, maka armada bus tidak bisa disertakan pada armada bus cadangan. “Surat lengkap, kalau kendaraan menyalahi aturan kita akan tolak,” ujar Harjo.

Meskipun tidak menyebutkan jumlahnya, Harjo yakin bahwa pengelola armada bus akan menyediakan armadanya dalam rangka ikut mensukseskan pelaksanaan Mudik Lebaran 2017 ini.

“Jauh-jauh hari kami sudah lakukan sosialisasi kepada kawan-kawan pengelola armada bus,” kata Harjo.(tok/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
25o
Kurs