Rabu, 24 April 2024

Ansor Jatim Instruksikan Shalat Ghaib dan Tahlil Tujuh Hari bagi Kiai Hasyim

Laporan oleh Fatkhurohman Taufik
Bagikan
Jenazah KH Hasyim Muzadi dibawa dari rumah duka di Jalan Cengger Ayam, Malang, Kamis (16/3/2017). Foto : Puspita FM

Setelah Pengurus Besar NU menginstruksikan untuk menggelar shalat ghaib dan tahlil, giliran Pengurus Wilayah GP Ansor Jawa Timur mengistruksikan hal yang sama kepada seluruh kader Ansor dan Banser, pengurus, lembaga untuk melaksnakan shalat ghaib dan tahlil selama 7 hari bagi KH Hasyim Muzadi.

“PW GP Ansor Jatim menyampaikan duka cita yang mendalam atas wafatnya KH Hasyim Muzadi. Dan untuk menindaklanjuti instruksi PBNU dan PWNU Jatim, Ansor Jatim menginstruksikan kepada seluruh Pengurus Wilayah dan Pengurus Cabang Ansor se Jatim serta seluruh agar menyelenggarakan Shalat Ghaib dan Tahlil selama tujuh hari ditujukan untuk Al-marhum,” kata Ahmad Tamim, Sekretaris Ansor Jawa Timur, Kamis (16/3/2017).

KH Hasyim Muzadi sekitar pukul 06.25 WIB di kediamannya komplek Pesantren Al-Hikam Malang, Jawa Timur. Kiai sepuh yang lahir di Bangilan, Tuban, 8 Agustus 1944 ini meninggalkan seorang istri, Nyai Hj Mutamimah dan 6 orang anak.

Jenazah Pendiri International Conference of Islamic Scholars (ICIS) ini rencana akan dimakamkan di Pesantren Al-Hikam Depok, Jawa Barat sore. Saat ini jenazah masih di rumah duka di Pesantren Al-Hikam Malang. Kemudian akan diberangkatkan ke Depok sekitar pukul 13.00 WIB siang ini.

Hingga saat ini, ribuan pelayat dari berbagai daerah terus berdatangan di komplek Pesantren Al-Hikam Malang. Mereka menyolati jenazah sekaligus mendoakan kiai sepuh yang dikenal memiliki perhatian luas soal kebangsaan dan moderasi Islam hingga ke tingkat dunia ini.

Sejumlah ulama, kiai, aktivis, dan pejabat pemerintah dipastikan hadir di pemakaman Kia Hasyim yang rencananya akan dipimpin langsung oleh Wakil Presiden RI HM. Jusuf Kalla di Pesantren Al-Hikam Depok. (fik)

Bagikan
Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
29o
Kurs