Kamis, 2 Mei 2024

BI Minta Bank Terapkan Diskon e-Tol

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan
Ilustrasi

Bank Indonesia segera berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), serta perbankan terkait pemberlakuan e-tol.

Titin Sumartini Kadivisi Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah Bank Indonesia mengatakan, di Jatim ada 7 BPJT, BCA dan Himpunan Bank Negara (Himbara).

“Saat ini memang ada yang bisa Himbara saja, ada yang sama BCA juga. Tapi nantinya kartu apaun bisa,” kata Titin pada Radio Suara Surabaya.

Saat ini, lanjut dia, masih masih dilihat apa saja kendala di lapangan. Kalau ada masalah yang bisa diselesaikan di Jatim akan diselesaikan di Jatim. Kalau tidak bisa diselesaikan di daerah maka akan diselesaikan di pusat. Intinya satu reader harus bisa membaca semua kartu.

“Kita sudah ketemu perbankan, semua bank sudah siap termasuk menyediakan kartu,” ujar dia.

Targetnya, kata dia, awareness masyarakat meningkat. Oleh karena itu bank harus mempermudah dalam penyediaan kartu.

“Minggu depan akan kami kumpulkan lagi perbankan. Hambatannya apa saja akan kami kumpulkan. Teknisnya akan kami bahas satu-satu sehingga sebelum 1 Oktober sudah siap semua,” katanya.

Untuk awal pemberlakukan, kata Titin, pihaknya meminta perbankan untuk memberikan diskon pada pengguna e-tol. “Kalau gratis belum memungkinkan karena ada biaya produksi. Kami hanya bisa imbau perbankan untuk jangan mahal-mahal, kalau bisa kasih diskon,” katanya.

Bagi pengguna jalan tol yang ingin top up kartu akan disediakan di setiap ruas tol. Sedangkan penyediaan kartu ada di bank dan minimarket. “Bisa diisi di ATM dan lewat aplikasi tiap bank,” ujarnya. (dwi/fik)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
33o
Kurs