Jumat, 29 Maret 2024

BPOM Temukan Ribuan Produk Pangan Ilegal

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Pemusnahan Obat Dan Makanan Ilegal BPOM Petugas menata barang bukti yang akan dimusnahkan berupa obat dan makanan ilegal hasil temuan operasi gabungan operasi pengawasan pada 2015-2016 di Surabaya, Jawa Timur, Rabu (16/11/2016). Foto: Antara

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Surabaya menemukan ribuan produk bahan pangan ilegal saat melakukan razia aneka produk makanan dan minuman kemasan di salah satu toko/grosir di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Rabu (24/5/2017).

Operasi gabungan yang melibatkan jajaran dinas kesehatan dan kepolisian dari satuan narkoba itu mendapati 4.068 bungkus produk bahan pangan tanpa izin edar.

“Seluruh barang kami sita untuk barang bukti dan akan diselidiki lebih lanjut,” kata Siti Amanah Kepala Seksi Penyidikan BPOM Surabaya dikonfirmasi di sela operasi gabungan di daerah Mangunsari, Kota Tulungagung.

Toko yang diduga melakukan pelanggaran izin produksi dengan melakukan pengemasan ulang produk pangan, membuat label tanpa izin edar, hingga label fiktif pada aneka produk pangan yang dijual merupakan salah satu grosir bahan-bahan kue terbesar di Tulungagung.

Masduki Menurut Kasi Farmasi Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung mengatakan, petugas gabungan mendapati produk pangan ilegal dalam jumlah besar saat melakukan sidak makanan-minuman kemasan dan bahan pangan lain di Toko Sari Aroma di Jalan Abdul Fattah, Mangunsari, Tulungagung.

Ketika dilakukan pemeriksaan ke dalam gudang, ditemukan proses pengemasan ulang produk pangan ataupun bahan pangan tanpa disertai izin produksi dari dinas kesehatan maupun Badan POM Surabaya.

“Modusnya, ada bahan pangan dalam kemasan besar yang kemudian dikemas ulang dalam ukuran kecil lalu diberi label berbeda. Ada juga yang bahan pangan asalnya ilegal lalu diproduksi ulang dan dijual dengan merek tertentu,” katanya.

Siti Amanah mengatakan kepastian mengenai bentuk pelanggaran yang dilakukan pemilik Toko Sari Aroma masih akan ditelusuri. Data awal yang ditemukan di gudang dan toko ada indentitas atau label yang diduga fiktif ataupun tanpa registrasi resmi dari BPOM maupun dinkes.

“Sebagian besar yang kami temukan dalam pengungkapan ini rata-rata merupakan jenis bahan tambahan pangan, di mana izinnya harus MD (makanan dalam negeri) yang dikeluarkan BPOM. Dia (pemilik) mengaku MD itu merek miliknya dia, namun sampai saat ini kami harus meminta dulu dokumen-dokumen pendukungnya,” kata Siti Amanah.

Ia memastikan belum ada keputusan akhir atas temuan tersebut. Penyelidikan akan dilanjutkan dengan mencocokkan data label MD yang dimiliki dengan dokumen pendukung serta database MD/ML (produk pangan dalam negeri/luar negeri) yang ada di BPOM.

“Dia hanya bisa menunjukkan izin PIRT (pangan industri rumah tangga) tapi itu keluaran sudah lama dan mungkin sudah kedaluwarsa,” kata Kasi Farmasi Dinkes Tulungagung Masduki.

Susilo pemilik toko Sari Aroma Agung mengaku tidak paham, pemasaran dengan kemasan ulang produk bahan tambahan pangan tidak dibenarkan oleh dinkes maupun BPOM.

“Kami mungkin memang alpa dengan tidak proaktif mengurus perizinan yang ditentukan ataupun berkoordinasi dengan jajaran dinkes dan BPOM. Kami harap ada pembinaan dan setelah ini akan kami urus semua sesuai ketentuan,” kata Agung.

Ia mengaku pelabelan yang dilakukan selama ini sebatas untuk penandaan merek dagang untuk memudahkan pelanggan dalam mengidentifikasi produk yang mereka jual, serta memecah volume bahan tambahan pangan tersebut sehingga terjangkau pelanggan.

Selain berhasil mengungkap ribuan produk pangan dan bahan tambahan pangan ilegal di Toko Sari Aroma, petugas gabungan BPOM, dinkes dan kepolisian juga mengoperasi sejumlah toko yang menyediakan aneka kebutuhan makananan dan minuman kemasan.

Operasi gabungan yang digelar dalam rangka menjelang Ramadhan itu menemukan beberapa item produk pangan kemasan yang kedaluwarsa dan tidak sesuai ketentuan pelabelan.

Sebagian produk pangan itu dimusnahkan dan sebagian lagi diminta untuk ditarik dari etalase penjualan.(ant/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs