Rabu, 8 Mei 2024

Bahaya Penyakit Thalassemia, Rotary International Lakukan Ini

Laporan oleh Restu Indah
Bagikan
Thomas Aquinas District Governor Rotary se Indonesia Tahun 2009-2010 saat menjelaskan kegiatan sosialisasi pencegahan Thalassemia di Radio Suara Surabaya, Senin (13/11/2017). Foto: Gana suarasurabaya.net

Banyak masyarakat yang masih kurang paham dengan penyakit Thalassemia. Penyakit ini dapat mengakibatkan kematian yang tidak diketahui masyarakat.

Hingga saat ini Penyakit Thalassemia menjadi penyakit yang sulit disembuhkan. Secara umum, Thalassemia dibagi menjadi 2, yaitu Thalassemia minor dan mayor.

Thalassemia minor merupakan gangguan kelainan protein. Namun kekurangan ini tidak berdampak signifikan pada tubuh, sehingga fungsi tubuh tetap normal. Sementara untuk pengobatan Thalassemia mayor harus melakukan transfusi darah secara rutin. Setiap tahunnya penyakit Thalassemia terus mengalami peningkatan. Menurut catatan WHO, 3 sampai 10% masyarakat Indonesia mempunyai sifat pembawa penyakit Thalassemia.

Thomas Aquinas District Governor Rotary se Indonesia Tahun 2009-2010 saat ditemui suarasurabaya.net, Senin (13/11/2017) mengatakan, masyarakat perlu tahu bahaya penyakit Thalassemia. Penekanan angka kematian penyakit Thalassemia bisa dilakukan dengan sosialisasi. Melalui gerakan sosial Project Officer Program Pencegahan Thalassemia, seluruh lapisan masyarakat akan diberikan pengarahan sekaligus pencegahan Thalassemia.

“Tujuan sosialisasi ini agar ke depannya generasi muda di Indonesia sudah tidak ada lagi Thalassemia mayor, ” kata dia.

Thalasemia mayor bisa dicegah dengan pemeriksaan tes darah kepada pasangan yang akan menikah. Apabila kedua pasangan dinyatakan pembawa penyakit Thalassemia, tidak dianjurkan untuk menikah. Hal tersebut bisa berdampak buruk bagi anak yang dilahirkan nanti.

Selain sosialisasi, Thomas mengatakan pihaknya akan membantu masyarakat yang kurang mampu untuk melakukan tes darah. Ada bantuan berupa pengurangan biaya hingga tes darah gratis. Masyarakat cukup membawa surat keterangan tidak mampu ke Rotary International.

“Imbauan untuk masyarakat, sebelum menikah usahakan tes darah dulu. Jika pasangan anda sama-sama pembawa sifat Thalassemia, dianjurkan untuk tidak menikah atau memiliki anak. Karena kemungkinan besar akan berdampak bahaya pada anak menderita Thalassemia mayor,” kata dia. (ang/ipg)

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 8 Mei 2024
29o
Kurs