Jumat, 3 Mei 2024

Bangun Rumah, Ajak Mahasiswa Praktik Service Learning

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Mahasiswa bersama perwakilan beberapa negara melakukan kerja praktik di perkampungan Wonorejo, Surabaya, Senin (29/5/2017). Foto: Totok suarasurabaya.net

Puluhan mahasiswa Universitas Kristen (UK) Petra, Surabaya, Senin (29/5/2017) ikut terlibat dalam pengerjaan pembangunan rumah di kawasan perkampungan padat penduduk di Wonorejo, Surabaya. Selain bagian dari service learning juga pembelajaran ekologis arsitektur rumah tinggal di perkotaan.

“Kami ingin mengajak mahasiswa langsung berpraktik. Selama ini mungkin mereka hanya berkutat dengan teori, dan kali ini kami ajak mereka ke lapangan langsung melakukan praktek kerja. Juga untuk memahami ekologis arsitektur rumah tinggal. Khususnya diwilayah perkotaan,” kata Purnama Esa Dora dosen program studi Desain Interior UK Petra Surabaya.

Dengan cara praktik langsung dilapangan, kata Esa, mahasiswa bisa melihat langsung proses pembangunan rumah. Kemudian bisa langsung melakukan perubahan-perubahan jika memang dianggap perlu dilakukan perubahan sesuai dengan teori-teori yang mereka pahami sebelumnya.

“Kadang memang harus dilakukan perubahan-perubahan sehubungan dengan pembangunan sebuah rumah. Termasuk interior rumah itu sendiri. Juga rumah-rumah di perkotaan. Oleh karena itu, para mahasiswa bisa merasakan bagaimana perubahan itu perlu dilakukan,” kata Esa.

Sementara itu ditambahkan Ajeng Dyah Puspitasari Humas UK Petra Surabaya bahwa kegiatan yang dilakukan para mahasiswa kali ini memang bertepatan dengan The 6th Asia Pacicif Regional Confference on Service Learning.

“Kegiatan yang mulai diawali pada Senin (29/5/2017) ini memang diikuti sekurangnya oleh 18 negara diantaranya dari Australia, Amerika, Inggris, China, Jepang, Korea, Nigeria, Pakistan, Thailand dan beberapa negara lainnya. Ini bagian dari kegiatan internasional,” kata Ajeng.

Delegasi beberapa negara yang memang ikut hadir dan melihat langsung para mahasiswa melakukan service learning dengan ikut membangun rumah warga masyarakat di perkampungan padat penduduk, beberapa di antaranya ikut membantu bekerja.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
26o
Kurs