Sabtu, 20 April 2024

Bank di Bali Tutup Saat Galungan

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan

Sejumlah bank di Provinsi Bali tidak beroperasi saat Hari Raya Galungan, Rabu (5/4/2017), untuk menghormati umat Hindu melaksanakan hari besar keagamaan itu.

“Untuk kelancaran transaksi kami optimis melalui layanan elektronik seperti e-banking dan e-channel semua bisa terlayani,” kata Anak Agung Gede Agung Dharmawan Pemimpin Wilayah BNI Denpasar (Bali, NTB dan NTT) di Denpasar, Minggu (2/4/2017) seperti dilansir Antara.

Menurut Agung, melalui transaksi elektronik nasabah dapat bertransaksi melalui anjungan tunai mandiri (ATM), layanan perbankan dalam jaringan, layanan melalui pesan singkat dan layanan bank melalui telepon seluler.

Untuk memenuhi kebutuhan dana di ATM, pihaknya menyiapkan dana berkisar Rp35 miliar hingga Rp40 miliar untuk satu hari, atau lebih banyak dibandingkan transaksi harian yang mencapai kisaran Rp30 miliar hingga Rp35 miliar.

“Jelang Galungan ini kebutuhan uang tunai masih sama karena libur hanya sehari sehingga tidak memberikan efek layaknya Lebaran,” imbuhnya.

Terkait penarikan dana dari nasabah, Agung menjelaskan tidak terlalu banyak karena sudah ditarik sebelumnya yakni menjelang Nyepi yang jatuhnya berdekatan dengan Galungan.

Hal senada juga dilakukan Bank Rakyat Indonesia yang juga menutup operasional satu hari saat Hari Raya Galungan.

Dedi Sunardi Pemimpin Wilayah BRI Denpasar mengatakan pihaknya tidak menyiapkan hal khusus karena sudah disiapkan jelang Hari Raya Nyepi yakni dengan alokasi kas sebesar Rp100 miliar.

Jumlah kas itu lebih besar dibandingkan persiapan tahun sebelumnya.

Pihaknya juga mengarahkan nasabah untuk melakukan transaksi melalui elektronik.

Rangkaian hari raya kemenangan itu mulai sejak Selasa (4/4/2017) atau disebut “Penampahan Galungan”, dikemudian Galungan dan sehari setelah Galungan disebut “Umanis Galungan”.

Bank tetap buka saat Penampahan dan Umanis Galungan.(ant/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
29o
Kurs