Sabtu, 4 Mei 2024

Banyak Ikan Mati di Kali Porong, Ecoton Menduga karena Limbah

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Beberapa ikan mati yang dipungut warga dari Kali Porong. Foto: Istimewa.

Banyak ikan di sungai Porong mati, Jumat (14/7/2017) malam. Sekitar pukul 23.00 WIB warga sekitar beramai-ramai mengambil ikan mengambang di bawah jembatan sungai Porong. Banyak jenis ikan seperti Rengkik, Keting dan Nila naik di permukaan sungai.

Prigi Arisandi Direktur Lembaga Konservasi Lahan Basah (Ecoton) mengatakan, sejak Jumat malam pihaknya melakukan pantauan sungai Porong, bahkan hingga pagi ini tim Ecoton masih menelusuri sumber penyebab ikan mati massal.

“Beberapa warga menginformasikan ikan mati sudah terjadi di bagian hulu Porong. Selain karena cuaca panas, dugaan kuat matinya ikan karena overload buangan limbah cair dari kawasan industri di hulu Porong,” ujar Prigi, Sabtu (15/7/2017).

Prigi mengatakan, industri yang ada di hulu umumnya pabrik kertas. Industri ini umumnya membuang limbah dengan karakter bisa menurunkan kadar oksigen air.

“Turunnya oksigen air sungai inilah diduga jadi penyebab ikan mati massal,” ujarnya.

Ecoton, kata Prigi, mendesak Kementarian PUPR dan Kementeraian Linkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk bertanggungjawab, karena sungai Porong masuk dalam DAS Brantas yang merupakan sungai strategis nasional.

“Ecoton akan melakukan langkah hukum berupa gugatan kepada KLHK dan KemenPUPR yang lalai menjaga kualitas air sungai Porong dan abai terhadap amanat undang-undang untuk mengendalikan pencemaran lingkungan,” kata Prigi. (bid/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
27o
Kurs