Senin, 13 Mei 2024

Berkendara Saat Cuaca Buruk, Lakukan Hal Ini

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi. Foto: Tim Honda Safety Riding

Cuaca buruk seperti hujan atau angin yang kencang pasti mempengaruhi kemampuan para pengendara untuk mengendalikan sepeda motornya.

Mereka harus ekstra hati-hati untuk jaga keseimbangan. Berikut tips dari Tim Honda Safety Riding beberapa hal yang dapat dilakukan saat berkendara dan ada di cuaca buruk seperti angin yang kencang, dan lainnya:

Arah angin

Ketika merasa ada cuaca buruk seperti angin kencang, pengendara bisa memperhatikan dari mana arah datangnya angin dengan melihat pohon-pohon yang ada di sekitar. Selanjutnya atur posisi dan kecepatan motor tetap seimbang.

Kecepatan angin

Setelah tahu arah datangnya angin, sekarang ukur kecepatan anginnya. Jika sekiranya angin bisa membuat pengendara dan sepeda motornya kehilangan keseimbangan, ada baiknya menepi sejenak.

Cari tempat aman

Kalau kondisinya tidak memungkinkan untuk tetap melanjutkan perjalanan, sebaiknya menepi dan cari tempat yang aman. Cari bangunan yang kokoh, jangan berlindung di bawah pohon karena berisiko tinggi.

Jaga keseimbangan

Buat pengendara yang tetap melanjutkan perjalanan dalam kondisi cuaca buruk, ada baiknya hati-hati dan tetap menjaga keseimbangan sepeda motor. Pengendara bisa menjaga keseimbangan dengan menurunkan kaki. Jadi sepeda motor tetap dalam keadaan tegak dan stabil. Lebih aman jika melanjutkan perjalanan kamu setelah angin kencang berhenti. Tetap hati-hati dan fokus saat berkendara. Bagaimanapun keselamatan pengendara lebih penting untuk diperhatikan.(iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 13 Mei 2024
26o
Kurs