Sabtu, 4 Mei 2024

Bersihkan Lokomotif Bersejarah, Peringati May Day 2017

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Bersihkan Lokomotif CC 201 bagian dari peringati May Day 2017. Foto: Totok suarasurabaya.net

Di tahun 2017, Lokomotif CC 201 genap berusia 40 tahun beroperasi menarik kereta penumpang dan gerbong barang di Indonesia. Lokomotif CC 201 adalah lokomotif diesel elektrik (DE) milik PT Kereta Api Indonesia (Persero) yang diproduksi oleh General Electric (GE) dengan jenis model U18C.

Lokomotif CC 201 mempunyai konstruksi yang ramping dengan berat 84 ton dan daya mesin 1950 hp. Lokomotif ini bergandar CoCo. Artinya lokomotif memiliki 2 bogie masing-masing 3 gandar dengan total 6 motor traksi, sehingga lokomotif ini dapat dioperasikan pada lintas datar maupun pegunungan. Lokomotif ini mampu berlari sampai kecepatan 120 km/jam.

Sepanjang perjalanannya, lokomotif ini berjasa menarik berbagai jenis KA, mulai dari kereta eksekutif, bisnis, ekonomi, campuran, sampai kereta barang, kargo. Dan, sampai saat ini, Lokomotif ini masih Siap Operasi (SO), meskipun usianya sudah mencapai 40 tahun. Saat ini CC 201 lebih banyak dioperasikan untuk KA kelas bisnis, campuran, ekonomi, dan lokal.

“Siap Operasi-nya Lokomotif CC 201, tidak lepas dari kemampuan SDM PT KAI dalam merawat dan memperbaiki. Perawatan berkala, dan ketersediaan suku cadang bekerjasama dengan Imeco, membuat kami mampu memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” kata Azahari Direktur Pengelolaan Sarana PT KAI.

Sementara itu ditambahkan Andrijas Kainama, Wakil Direktur Utama Imeco, bahwa pihaknya siap mendukung PT KAI memberikan pelayanan yang terbaik bagi pengguna jasa kereta api.

“Kami siap membantu dan mendukung PT KAI. Melalui penyediaan suku cadang lokomotif yang berkualitas unggul,” ujar Andrijas.

Peringatan 40 tahun beroperasionalnya Lokomotif CC 201, Senin (1/5/2017) bertepatan dengan peringatan Hari Buruh Sedunia atau May Day, dan para karyawan PT KAI Daop 8 Surabaya menggelar kerja bakti dengan sasaran lingkungan sekitar kantor Dipo Sidotopo, Surabaya.

“Kami semua ikut melaksanakan kerja bakti tersebut. Dan inilah memang yang kami lakukan sebagai bagian peringatan May Day. Kerja bakti selalin membersihkan Lokomotif CC 201 juga membersihkan lingkungan kerja masing-masing,” kata Gatut Sutiyatmoko Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya.(tok/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
30o
Kurs