Jumat, 29 Maret 2024

Besok, Bantuan RI Disalurkan ke Pengungsi Rohingya

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Rina P. Soemarno Duta Besar RI untuk Bangladesh saat menyerahkan bantuan kemanusiaan dari pemerintah dan rakyat Indonesia untuk pengungsi Rokhingya di Bangladesh kepada Zillur Rahman Chowdury, District Commissioner Chittagong, 14 September 2017. Foto: Antara

Kedutaan Besar RI di Bangladesh memastikan bahwa besok, Senin (18/9/2017) bantuan kemanusiaan 54 ton untuk pengungsi Myanmar dari pemerintah dan rakyat Indonesia didistribusikan ke 12 titik di daerah administrasi Cox`s Bazar, Bangladesh.

“Bantuan kemanusiaan Indonesia telah diterima oleh pemerintah Bangladesh dan akan segera didistribusikan kepada pengungsi dari Rakhine State yang berada di sekitar Cox`s Bazar,” kata Rina Soemarno Duta Besar RI untuk Bangladesh dalam siaran pers yang dilansir Antara, Minggu (17/9/2017).

Menurut Rina, bantuan Indonesia yang sudah tiba pada 14-15 September 2017 itu telah dipindahkan dari Bandara Chittagong ke gudang Pemerintah District Administration di Cox`s Bazar, bersama dengan bantuan dari Maroko, India, dan Iran yang datang bersamaan.

Selaku wakil pemerintah Indonesia, Rina Soemarno telah menyerahkan bantuan Indonesia itu kepada Zillur Rahman Chowdhury Kepala District Administration Chittagong pada 14 September 2017 di Bandara Chittagong.

Sampai dengan 16 September 2017, 54 ton bantuan kemanusiaan dari Indonesia itu telah sampai di Chittagong dalam enam kali pengiriman dengan pesawat C-130 TNI AU.

Bantuan kemanusiaan ini terdiri dari 30 ton beras, 14.000 unit selimut, 2.004 paket makanan siap saji, 20 unit tenda besar, 10 unit tanki air fleksibel, 600 paket family kit, 900 paket pakaian dan 1 ton gula pasir.

“Penyaluran bantuan kemanusiaan Indonesia untuk pengungsi Rakhine State di Bangladesh ini bekerja sama dengan badan-badan internasional seperti UNHCR dan IOM,” kata Rina.

Sementara itu, Minggu (17/9/2017) pagi tadi, Kementerian Luar Negeri Bangladesh memberi tahu Kedutaan Besar RI di Bangladesh bahwa pemerintah Bangladesh sementara ini tidak bisa memberikan izin kepada delegasi dari Indonesia untuk mengunjungi kamp-kamp pengungsi atau kota Cox`s Bazar atas alasan keamanan.(ant/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
26o
Kurs